JudulAnalisis Pendapatan Industri Jasa Ekspedisi Pengiriman Paket Pada PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pusat Kota Palu (Periode 2019-2020) |
Nama: NUR RIZKI JULY ELYANI WARIKI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Nur Risky J.E Wariki C 101 17 224, dengan judul “Analisis Pendapatan Industri Jasa Ekspedisi Pengiriman Paket Pada PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pusat Kota Palu (Periode 2019-2020)”. Pembimbing utama Ibu Sitti Rahmawati.. Pembimbing pendamping Bapak Samuel Yulius Sir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pendapatan dan break even point pada PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pusat Kota Palu. Tipe penelitian yang digunakan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis pendapatan dan break even point untuk 2 periode, yaitu sebelum pandemi covid-19 pada Tahun 2019 dan saat terjadi pandemi covid-19 pada Tahun 2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum pandemi covid-19 pada Tahun 2019 PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pusat Kota Palu memperoleh laba bersih sebesar Rp 460.799.451,67,- dengan total pengiriman paket sebanyak 52.800 unit,serta pada Tahun 2019 perusahaan mampu mencapai break even point atas penjualannya sebesar Rp 1.034.805.642,3,- dan mencapai break even point untuk pengiriman paket sebanyak 35.019 unit sehingga mampu menutupi biaya tetap dengan memperoleh laba penjualan sebesar Rp 460.800.451,67,- . Sedangkan saat pandemi covid-19 pada Tahun 2020 perusahaan mengalami rugi sebesar Rp 190.082.548,- perusahaan juga tidak mampu mencapai break even point atas penjualan maupun break even point untuk pengiriman paket, serta pada Tahun 2020 perusahaan tidak mampu menutupi biaya tetap dan mengalami rugi penjualan sebesar Rp 144.102.548,33,-. Dapat disimpulkan bahwa masa pandemi covid-19 yang terjadi di Kota Palu memberikan dampak besar bagi perusahaan PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pusat Kota Palu. Kata Kunci: PT. Pos Indonesia (Persero), Analisis Pendapatan, Analisis Break Even Point |