JudulANALISIS ELASTISITAS PENAWARAN ROTI TAWAR DI KOTA PALU ( Studi Kasus Pada Usaha Rabiah Bakery) |
Nama: EKA |
Tahun: 2023 |
Abstrak ANALISIS ELASTISITAS PENAWARAN ROTI TAWAR DI KOTA PALU ( STUDI KASUS RABIAH BAKERY) Eka1); Muhtar Lutfi 2);Samuel Yulius3) Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tadulako ABSTRAK Roti Tawar merupakan salah satu kebutuhan pokok untuk dikonsumsi penduduk. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui elastisitas penawaran Roti Tawar Rabiah Bakery Di Kota Palu.penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif adapun tehnik pengumpulan data dalam peneliatian ini yaitu secara observasi dan wawancara secara langsung di lokasi penelitian.Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa Roti Tawar merupakan salah satu kebutuhan pokok untuk dikonsumsi penduduk. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui elastisitas penawaran Roti Tawar Rabiah Bakery Di Kota Palu. penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif adapun tehnik pengumpulan data dalam peneliatian ini yaitu secara observasi dan wawancara secara langsung di lokasi penelitian.Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa adapun Adapun elastisitas penawaran Roti Tawar Pada Usaha Rabiah Bakery Di Kota Palu Menunjukan bahwa nilai elastisitasnya lebih besar dari 1 (nilai elastisitasnya 1,2) menunjukan bahwa semakin tinggi harga Roti Tawar Rabiah Bakery maka jumlah yang ditawarkan juga semakin besar dari jumlah 1.380 sebelumnya menjadi 1.650. Adapun Strategi pemasaran yang digunakan Rabiah Bakery menggunakan 4 strategi Yaitu Strategi produk yang digunakan Rabiah bakery yaitu segala sesuatu yang dapat diberikan kepasar untuk, dibeli, digunakan atau dikonsumsi dan dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan.dianggap sebagai produk. Dimana pabrik Roti tawar ini menyediakan Roti tawar yang enak serta megutamakan penampilan ( pengemasan yang rapi) sehingga dapat menarik minat pembeli. Strategi Lokasi yang digunakan Rabiah Bakery Yaitu lokasi yang memperhitungkan dekat dan jauh berdampak pada biaya produksi bahkan mempengaruhi dan dapat menarik pelanggan. Strategi Promosi yang digunakan Rabiah Bakery Yaitu promosi pada dasarnya jenis komunikasi komersial. Strategi harga yang digunaka Rabiah Bakery yaitu metode pembayaran yang digunakan Rabiah Bakery dengan cara tunai. Kata Kunci : Elastisitas, Penawaran, Roti Tawar |