JudulANALISIS KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI POLI UMUM STUDI TENTANG BADAN PENYELENGGARAAN JAMINAN SOSIAL (BPJS) PUSKESMAS ANUTOLUWU KECAMATAN PETASIA BARAT KABUPATEN MOROWALI UTARA |
Nama: NURTAVYA |
Tahun: 2021 |
Abstrak Nurtavya C 101 16 313, Analisis Kualitas Pelayanan Administrasi Poli Umum Studi Tentang Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Puskesmas Anutuluwu Kecamatan Petasia Barat Kabupaten Morowali Utara, Di bawah bimbingan Dr. Sitti Rahmawati, S.E. M.Si selaku pembimbing utama dan Dr. Mohamad Ichwan selaku pembimbing pendamping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan dan tanggapan pasien poli umum Puskesmas Anutoluwu dan mengetahui berapa besar biaya yang dikeluarkan pasien untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Metode Analisis yang digunakan ialah analisis deskriptif dengan menggunakan tabel frekuensi. Populasi pada penelitian ini adalah pasien poli umum yang menggunakan karu BPJS kesehatan PBI dan Non PBI Puskesmas Anutolwu. Sampel yang diambil sebanyak 60 responden dari pasien pengguna BPJS PBI dan Non PBI yang berada di poli umum Puskesmas AnuToluwu, dengan pendekatan accidental sampling. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa sebagian pasien PBI dan Non PBI sangat puas terhadap pelayanan di poli umum Puskesmas Anutoluwu dan mean atau biaya rata-rata responden terhadap pelayanan medis yaitu Rp 12.000,- pada pasien PBI dan Rp 35.000,- pada pasien Non PBI Kata Kunci : Puskesmas, Kualitas Pelayanan, BPJS Kesehatan, Pasien, Permintaan Kesehatan, Stok Kesehatan. |