Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulAnalisis Pengembnagan Dan Distribusi Kain Tenun Di Kecamatan Nambo Kabupaten Banggai
Nama: ILAWATI
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK ANALISIS PENGEMBANGAN DAN DISTRIBUSI KAIN TENUN DI KECAMATAN NAMBO KABUPATEN BANGGAI Ilawati1, Eko Jokolelono2, Nudiatulhuda Mangun3 1Mahasiswa Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tadulako 2Dosen Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tadulako Kain tenun di Kecamatan Nambo menghadapi permasalahan seperti permodalan, tenaga kerja, pemasaran, akses informasi pasar dan sebagainya. Dengan berbagai permasalahan dan kelemahan tersebut Kain Tenun Nambo dapat mengalami resiko gagal produksi untuk keberlanjutan usaha, maka analisis pengembangan dan distribusi pemasaran Kain Tenun Nambo dilakukan guna mengurangi besarnya resiko yang akan ditanggung pelaku industri Kain Tenun Nambo. Selain itu perlu juga dikaji strategi pengembangan yang tepat untuk dapat meningkatkan industri Kain Tenun Nambo. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui profil industri Kain Tenun Nambo, untuk mengetahui distribusi pemasaran industri Kain Tenun Nambo, dan untuk mengetahui strategi pengembangan Kain Tenun Nambo. untuk analisis strategi pengembangan usaha menggunakan analisis SWOT. Subjek penelitian ini adalah pemilik industri Kain Tenun Nambo dan kariawan. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis mengunakan analisis deskriptif dan analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kain Tenun Nambo menggunakan distribusi pemasaraan nol tingkat atau saluran pemasaran lansung. Dari hasil analsis data matriks IFAS dapat diketahui bahwa skor kekuatan (S) adalah 2,6 dan skor untuk kelemahan (W) adalah 0,57. Hal tersebut menunjukkan bahwa industri Kain Tenun Nambo memiliki kekuatan yang lebih tinggi dari kelemahan. Dari hasil analisis data dengan matriks EFAS dapat diketahui bahwa skor peluang (O) adalah 2,25 dan skor untuk ancaman (T) 0,62. Hal tersebut menunjukkan bahwa peluang lebih tinggi dari ancaman. Berdasarkan hasil tersebut, maka strategi yang sesuai untuk diterapkan adalah strategi agresif. Kata kunci : Tenun Nambo, Strategi Pemasaran

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up