Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS NILAI TAMBAH DAN PEMASARAN KOPRA DI DESA KAMONJI KECAMATAN BALAESANG TANJUNG KABUPATEN DONGGALA
Nama: HAITSAN
Tahun: 2023
Abstrak
ANALISIS NILAI TAMBAH DAN PEMASARAN KOPRA DI DESA KAMONJI KECAMATAN BALAESANG TANJUNG KABUPATEN DONGGAL Haitsan1, Armin Muis2, Nurnaningsih3 1Mahasiswa Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako 2Dosen Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya nilai tambah pengolahan kelapa (Cocos Nicifera L) di Desa Kamonji. Untuk mengetahui bentuk saluran pemasaran kopra, besarnya margin pemasaran pada masing – masing saluran pemasran dan bagian harga yang diterima petani pada masing – masing saluran pemasaran di Desa Kamonji. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Pengambilan sampel responden dilakukan dengan menggunakan metode acak sederhana (Simple random sampling method) dan diambil sebanyak 60 responden petani dari total anggota populasi sebanyak 150 petani. Pengambilan sampel responden pedagang menggunakan metode penjajakan (Tracing Methode), sehingga diperoleh 2 orang responden pedagang yaitu pedagang pengumpul dan pedagang besar. Jumlah keseluruhan responden sebanyak 62 orang. Untuk menganalisis nilai tambah mengunakan metode Hayami. Hasil analisis nilai tambah menunjukkan bahawa nilai tambah pada pengolahan kelapa menjadi kopra sebesar Rp. 2.998/Kg, dengan rasio nilai tambah sebesar 50,0%. hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat 2 saluran pemasaran kopra yaitu: saluran I (Petani – Pedagang Pengumpul – Pedagang Besar), dengan margin pemasaran sebesar Rp. 2.000/kg dan bagian harga yang diterima petani sebesar 83,3%. Saluran II (Petani – Pedagang Besar), dengan margin pemasaran sebesar Rp. 0/Kg, dan bagian harga yang diterimah petani sebesar 100%. Kata Kunci: Kopra, nilai tambah, margin pemasaran dan farmer’s share

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up