JudulPERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KEBERADAAN PERUSAHAAN KELAPA SAWIT PT.TANJUNG SARANA LESTARI (STUDI KASUS SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DESA AKO KEC.PASANGKAYU KAB.PASANGKAYU) |
Nama: Andy Lukito |
Tahun: 2021 |
Abstrak Peneltian ini bertujuan: 1) Untuk Mengetahui bagaimanakah persepsi masyarakat terhadap kondisi sosial (pendidikan dan kesehatan) di Desa Ako Kecamatan Pasangkayu Kabupaten Pasangkayu terhadap keberadaan PT.TSL, 2) Untuk Mengetahui bagaimanakah persepsi masyarakat terhadap kondisi ekonomi (pendapatan dan tenaga kerja) di Desa Ako Kecamatan Pasangkayu Kabupaten Pasangkayu terhadap keberadaan PT. TSL, 3) Untuk Mengetahui bagaimanakah persepsi masyarakat terhadap kondisi sosial ekonomi di Desa Ako Kecamatan Pasangkayu Kabupaten Pasangkayu terhadap keberadaan PT. TSL. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif, dimana penelitian ini berusaha mrndeskripsikan dan menggambarkan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta yang nyata dan objektif tentang persepsi masyarakat terhadap keberadaan PT. TSL di Desa Ako Kecamatan Pasangkayu Kabupaten Pasangkayu. Metode Pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi : Observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan formulasi Slovin dengan jumlah sampel 90 KK. Metode analisis data yang digunakan yaitu Skala Likert yang selanjutnya dikonfrensi ke dalam tabel frekuensi. Hasil penelitian dari dua variabel yang menjadi fokus penelitian dan selanjutkan diuraikan menjadi empat dimensi yaitu: Variabel Sosial (dimensi pendidikan dan dimensi kesehatan), variabel Ekonomi (dimensi pendapatan dan dimensi penyerapan tenaga kerja). Menunjukan bahwa, secara umum persepsi masyarakat terhadap kondisi sosial cukup baik, namun bila ditinjau dari masing-masing dimensi: Persepsi masyarakat terhadap dimensi pendidikan cukup baik, sebaliknya persepsi masyarakat terhadap dimensi kesehatan tidak baik. Selanjutnya, persepsi masyarakat terhaap kondisi ekonomi secara umum cukup baik, tetapi bila di tinjau dari masing-masing dimensi: persepsi masyarakat terhadap dimensi pendapatan tidak baik, sedangkan persepsi masyarakat terhadap dimensi penyerapan tenaga kerja cukup baik. Secara umum persepsi masyarakat dengan keberadaan PT. TSL terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat Desa Ako Kecamatan Pasangkayu Kabupaten Pasangkayu cukup baik. Kata Kunci: Persepsi, Masyarakat, Sosial, Ekonomi, PT. TSL, Desa Ako. |