JudulStrategi Pengembangan Usaha Air Minum Isi Ulang Di Pasangkayu, Kabupaten Pasangkayu, Provinsi Sulawesi Barat |
Nama: MUH. TAUFIK |
Tahun: 2022 |
Abstrak Strategi Pengembangan Usaha Air Minum Isi Ulang Di Pasangkayu, Kabupaten Pasangkayu, Provinsi Sulawesi Barat. Muh. Taufik1; Edhi Taqwa2; Santi Yunus3 Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tadulako ABSTRAK Strategi dideskripsikan sebagai suatu cara di mana organisasi akan mencapai tujuan-tujuannya, sesuai dengan peluang-peluang dan ancaman-ancaman lingkungan eksternal yang dihadapi serta sumber daya dan kemampuan internal organisasi. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui faktor-faktor internal yang mendukung dan menghambat pengembangan usaha air minum isi ulang di Pasangkayu, Kabupaten Pasangkayu Provinsi Sulawesi Barat, 2) Untuk mengetahui faktor-faktor eksternal yang mendukung dan menghambat pengembangan usaha air minum isi ulang di Pasangkayu, Kabupaten Pasangkayu Provinsi Sulawesi Barat, 3) untuk mengetahui bagaimana pengembangan usaha air minum isi ulang di Pasangkayu, Kabupaten Pasangkayu, Provinsi Sulawesi Barat. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 22 pengusaha air minum isi ulang di Pasangkayu. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh/sensus. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kuantitatif. Dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah primer. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan alat analisis yaitu analisis SWOT. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa saran analisis yang perlu untuk diterapkan dalam perkembangan usaha air minum isi ulang di Pasangkayu, Kabupaten Pasangkayu, Provinsi Sulawesi Barat adalah analisis pertumbuhan agresif (agresif growth strategy) dapat diterapkan melalui strategi integrasi horizontal seperti memperluas perusahaan dengan cara membangun usaha di lokasi yang lain dan meningkatkan produk, dan strategi stabilitas yaitu strategi konsolidasi untuk mengurangi kelemahan yang ada dan mempertahankan pangsa pasar yang telah dicapai, dengan mempertahankan ukuran dan level bisnisnya sekarang dengan mempertahankan posisinya seperti saat ini (stabil). Kata Kunci: Strategi, Pengembangan, Air Minum Isi Ulang, Pasangkayu |