JudulANALISIS PEMASARAN JAGUNG ( Zea Mays ) DI DESA GUNUNGSARI KECAMATAN BOLANO-LAMBUNU KABUPATEN PARIGI MOUTONG |
Nama: MASRUHIN |
Tahun: 2020 |
Abstrak MASRUIN C 101 13 117, Analisis pemasaran jagung (zea mays) di Desa gunungsari Kecamatan Bolano-lambunu Kabupaten Parigi-Moutong, yang dibimbing oleh Pembimbing Utama Bapak Armin Muis. dan Pembimbing Pendamping Bapak Risman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) saluran pemasaran jagung yang ada di Desa Gunungsari (2) margin antara lembaga pemasaran jagung yang ada di Desa Gunungsari. Metode dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik observasi, wawancara dan kuesioner. Teknik penarikan sampel adalah simple random samplinguntuk petani dan untuk pedagang digunakan teknik traicing sampling.Analisis yang digunakan meliputi saluran pemasaran, margin pemasaran dan efisiensi pemasaran.Hasil temuan menunjukan bahwa saluran pemasaran yang ada di Desa Gunungsariyaitu pola pemasaran I: petani menjual hasil komoditi jagungya kepada pedagang tengkulak kemudian menjual hasil pengumpulan komoditi jagung kepada pedagang besar lalu dijual kepada ekportir dan pola pemasaran II: petani menjual hasil komoditi jagung langsung kepada pedagang besar kemudian kembali hasil komoditi jagung tersebut dijual kepada eksportir. Total margin untuk setiap lembaga pemasaran yaitu untuk saluran pemasaran I total margin sebesar Rp.800 dan saluran pemasaran II total margin pemasaran sebesar Rp.1.000. Nilai efisiensi pemasaran yang dicapai pada pola saluran I yaitu 0,60 persen dan pola saluran II yaitu 0,33 persen. Hasil perhitungan efisiensi menunjukan bahwa saluran pemasaran II merupakan saluran yang lebih efisien dibandingkan dengan pola saluran pemasaran I. Hal ini karena pola saluran pemasaran II dapat menekan biaya sehingga memperoleh keuntungan terbesar dibandingkan dengan pola saluran pemasaran I. Kata Kunci : Saluran Pemasaran,dan Margin Pemasaran jagung. |