Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS PEMASARAN JAGUNG MANIS SEBUAH KAJIAN EMPIRIS DI DESA SIDERA KECAMATAN SIGI BIROMARU KABUPATEN SIGI
Nama: FIKRIYANTI
Tahun: 2020
Abstrak
Fikriyanti C10113110, Analisis Pemasaran Jagung Manis Sebuah Kajian Empiris Di Desa Sidera Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi”. di bimbing oleh Eko Jokolelono (Pembimbing Utama), dan Muhtar Tallesang (Pembimbing Pendamping). Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui (1) saluran pemasaran jagung manis di Desa Sidera (2) margin antara lembaga pemasaran (3) efisiensi dari pemasaran jagung manis di Desa Sidera. Tipe penelitian dalam penelitian ini adalah tipe penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 49 orang. Sampel pedagang sebanyak 4 orang yang terdiri dari 2 orang pengepul dan 2 orang pengecer jumlah keseluruhan responden 53 orang. Analisis yang digunakan meliputi saluran pemasaran, margin pemasaran dan efesiensi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran pemasaran di Desa Sidera yaitu pola Saluran Pemasaran I: petani, pengepul, pengecer dan konsumen dan pola Saluran Pemasaran II melibatkan petani, pengecer, dan konsumen. Total margin yang di peroleh pada saluran I sebesar Rp.1.000 dan saluran II sebesar Rp.750. Nilai efesiensi pemasaran pada saluran I yaitu 0,66 persen, dan pola saluran pemasaran II 0,62 persen. Hasil pehitungan efisiensi menunjukan bahwa saluran pemasran II merupakan saluran pemasaran yang paling efisien Kata Kunci : Saluran Pemasaran, Marjin Pemasaran, dan Efisiensi Saluran Pemasaran.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up