Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulSTRATEGI PENGEMBANGAN KOMODITI CENGKEH(SYZYGIUM AROMATICUM)DI KECAMATAN SIRENJA KABUPATEN DONGGALA
Nama: Reinaldi
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK REINALDI, C 101 13 091. STRATEGI PENGEMBANGAN KOMODITI CENGKEH (SYZYGIUM AROMATICUM) DI KECAMATAN SIRENJA KABUPATEN DONGGALA. Pembimbing I H. Armin Muis, Pembimbing II Nurnaningsih Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dengan menganalisis strategi pengembangan komoditi cengkeh di Sirenja, dengan memanfaatkan kekuatan dan peluang yang ada serta mengurangi kelemahan dan ancaman dari pengembangan produk komoditi cengkeh. Sampel peneltian ini sebanyak 58 petani cengkeh, pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan kuisioner. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis SWOT. Dari hasil penelitian diperoleh informasi bahwa kendala internal yang dihadapi masyarakat terdiri dari, keterbatasan modal, tingkat pendidikan yang rendah, serta kurangnya kesadaran dalam aspek budidaya. Demikian pula pada kondisi eksternal, kendala yang dihadapi yaitu, infrastruktur yang kurang memadai, biaya produksi semakin tinggi, terjadinya fluktuasi harga, serta pesaing usaha sama dengan kecamatan lainnya. Kedua kendala yang ada dianalisis melalui matriks SWOT, yang menggambarkan jelas bagaimana kekuatan dan kelemahan yang dihadapi masyarakat petani di Kecamatan Sirenja dapat disesuaikan dengan peluang dan ancaman yang dimilikinya. Dengan demikian berdasarkan analisis tersebut diperoleh kesimpulan bahwa dalam pengembangan komoditi cengkeh di Kecamatan Sirenja, strategi yang dilakukan adalah melalui pemanfaatan luas lahan, peningkatan produksi, penyediaan pupuk dan obat-obatan, serta peningkatan mutu hasil produksi agar mampu bersaing untuk memenuhi permintaan pasar. Kata Kunci : Cengkeh, Analisis SWOT, Strategi Pengembangan

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up