JudulANALIS PEMASARAN JAGUNG (ZEA MAYS L) DI DESA SUMBER MULYA KECAMATAN SIMPANG RAYA KABUPATEN BANGGAI |
Nama: Sri Wahyuni |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK SRI WAHYUNI C 101 13 021, Analisis Pemasaran Jagung ( Zea Mays) Di Desa Sumber Mulya Kecamatan Simpang Raya Kabupaten Banggai yang dibimbing oleh Pembimbing Utama Bapak Mauled Moelyono dan Pembimbing Pendamping Bapak Risman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) saluran dan margin pemasaran jagung di desa sumber mulya (2) Efisiensi pemasaran jagung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan wawancara. Teknik penarikan sampel adalah metode sampling jenuh atau sensus. Metode analisis yang digunakan adalah saluran pemasaran, margin pemasaran dan efisiensi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran pemasaran yang ada di Desa Sumber Mulya yaitu pola pemasaran I: petani menjual hasil komoditi jagungnya kepada pedagang pengumpul kemudian pedagang pengumpul menjual hasil pengumpulan komoditi jagung kepada perusahaan, dan pola pemasaran II : petani menjual hasil komoditi jagungnya kepada pedagang pengecer kemudian pedagang pengecer menjual ke konsumen. Margin untuk setiap lembaga pemasaran yaitu untuk saluran pemasaran I margin pemasaran Rp. 2.500 dan saluran pemasaran II total margin pemasaran sebesar Rp. 1500. Nilai efisiensi pemasaran yang dicapai pada pola pemasaran I yaitu 0,35?n pola pemasaran saluran II yaitu 1,96%. Dan hasil perhitungan efisiensi menunjukkan bahwa saluran pemasaran I merupakan saluran pemasaran yang lebih efisien dibandingkan dengan pola saluran pemasaran II. Hal ini karena pola saluran pemasaran I dapat menekan biaya sehingga memperoleh keuntungan terbesar dibandingkan dengan pola saluran pemasaran II. Kata Kunci : Saluran Pemasaran, Margin Pemasaran, Efisiensi Pemasaran dan jagung. |