Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulSTRATEGI KAMPANYE POLITIK PASANGAN CALON GUBERNUR SULAWESI TENGAH PADA PILKADA 2024 (STUDI PADA TIM PEMENANGAN ANWAR HAFID DAN RENY LAMADJIDO)
Nama: NIVA
Tahun: 2025
Abstrak
Niva (B 501 21 277) Program 1lmu Komunkasi Konsentrasi Public Relations Universitas Tadulako. Skripsi Strategi Kampanye Politik Pasangan Calon Gubernur Sulawesi Tengah Pada Pilkada 2024 (Studi Pada Tim Pemenangan Anwar Hafid Dan Reny Lamadjido. Dibimbing oleh Rizqy Alfiyaty Sebagai Konsultan I dan Fitriani Puspa Ningsih Sebagai Konsultan I1. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Strategi kampanye politik yang diterapkan oleh tim pemenangan pasangan Anwar Hafid dan Reny Lamadjido dalam upaya memenangkan Pilkada Sulawesi Tengah 2024. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif dengan dasar penelitian studi kasus dan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi dengan informan yang telah di pilih melalui teknik purposive sampling. Jumlah informan 6 orang yang terdiri dari Ketua tim relawan BERANI Provinsi Sulawesi Tengah, juru bicara tim BERANI, admin media sosial "JANGKAR (jaringan Anwar-Reny), Tim Relawan BERANI yang berada di kabupaten Parigi Moutong yaitu ketua Relawan AR. SQUAD PAR?MO dan kordinator Milenial BERANI, dan Informan pendukung yaitu pakar/ahli di bidang komunikasi politik dan retorika. Analisis data tersendiri dari pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi kampanye politik yang diterapkan oleh tim pemenangan pasangan Anwar Hafid dan Reny Lamadjido yaitu (a) Juru kampanye berperan sentral dalam menjaga konsistensi pesan, membangun citra positif, dan menjangkau berbagai segmen pemilih dengan pendekatan yang positif serta berbasis nilai budaya lokal b) Penetapan target dan analisis kebutuhan dilakukan berdasarkan usia, Ilatar belakang sosial, dan budaya dengan pendekatan berbeda untuk tiap kelompok (c) Penyusunan pesan kampanye disesuaikan dengan visi kandidat dan dikemas dalam slogan sederhana yang mudah diingat (d) Pemilihan media komunikasi menggabungkan dengan menggabungkan seperti media massa dalam hal ini surat kabar dan New Media dalam hal ini media sosial seperti Instagram, facebook, tiktok, whatsaap, dan media luar ruang yaitu baliho, Leafleat, dan Brousur (e) Produksi media dilakukan secara cepat oleh tim internal melalui dokumentasi kegiatan dan pembuatan konten visual, dengan distribusi yang disesuaikan kondisi lapangan. Kata Kunci: Komunikasi Politik, Kampanye Politik, Calon Gubernur Sulawesi Tengah

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up