Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPERSEPSI MAHASISWA TERHADAP LAYANAN POJOK BACA DIGITAL (POCADI) DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS TADULAKO
Nama: SHAFIYYAH RIZKY AQILAH
Tahun: 2025
Abstrak
Shafiyyah Rizky Aqilah B50121270 “Persepsi Mahasiswa terhadap Layanan Pojok Baca Digital (POCADI) di Perpustakaan Universitas Tadulako” Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako di bawah bimbingan Israwaty Suriady selaku pembimbing utama dan Donal Adrian selaku pembimbing pendamping. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi pengunjung terhadap ketersediaan layanan Pojok Baca Digital di Perpustakaan Universitas Tadulako. Tipe penelitian ini yaitu deskriptif dengan pendekatan kuantitatif menggunakan metode survey. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 38 responden dengan mengikuti standar minimal jumlah sampel pada sebuah penelitian kuantitatif. Teknik penarikan sampel menggunakan accidental sampling, metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan pengukuran variabel menggunakan skala likert. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif-kuantitatif dengan menggunakan distribusi frekuensi jawaban responden untuk menentukan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan jawaban dari responden sebanyak 38 orang dan diukur berdasarkan tiga indikator yang mendasari isi dari penyataan-pernyataan didalam kuesioner yang dibagikan yakni sensasi, atensi dan interpretasi sebagai tahapan pembentukan persepsi terhadap layanan Pojok Baca Digital (POCADI) Perpustakaan Universitas Tadulako adalah baik dan layanan Pojok Baca Digital sesuai dengan kebutuhan pengunjung dalam memperoleh bacaan online untuk menunjang kegiatan akademik mahasiswa khususnya di Universitas Tadulako. Adapun hasil distribusi persentase skor rata-rata dari setiap indikator yakni (70,06%) atau setuju untuk sensasi, (74,34%) atau setuju untuk atensi dan (83,88%) atau setuju untuk interpretasi. Adapun saran dari peneliti dalam penelitian ini adalah agar penelitian ini bisa menjadi bahan evaluasi baik bagi pihak perpustakaan maupun pengunjung dalam peningkatan sosialisasi terkait layanan POCADI tersebut.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up