JudulRESPON MAHASISWA TERHADAP KAMPANYE CAPRES DAN CAWAPRES DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA PEMILU 2024 (Studi Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2021) |
Nama: MONICHA STEVANI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Monicha Stevani B50121249 “Respon Mahasiswa Terhadap Kampanye Capres dan Cawapres Di Media Sosial Instagram Pada Pemilu 2024 (Studi Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2021)” Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako di bawah Bimbingan Achmad Herman Selaku Pembimbing Utama dan Donal Adrian Selaku Pembimbing Pendamping. Penelitian ini untuk mengetahui respon mahasiswa ilmu komunikasi angkatan 2021 terhadap kampanye Capres dan Cawapres pada media sosial (Instagram). Tipe penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dengan metode survey.Dengan rumus Slovin jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 74 responden, menggunakan standar presentase kesalahan sebesar 10?ngan teknik penarikan sampel menggunakan simple random sampling. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner, dan pengukuran variabel dengan menggunakan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis secara deskriptif melalui pendekatan kuantitatif dengan menggunakan bantuan distribusi frekuensi untuk mengetahui hasil penelitian.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 74 orang responden respon mahasiswa dilihat dari 3 indikator yaitu stimulus (pesan, pengetahuan postingan), organism (pengertian, perhatian, dan penerimaan postingan), dan respon (efek postingan) pada aplikasi instagram masih tergolong ragu-ragu dalam hal ini dikatakan belum efektif dikalangan pemilih muda khususnya mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Tadulako angkatan 2021 dengan hasil distribusi skor dari setiap indikator yaitu indikator stimulus dengan skor keseluruhan 77,23 atau setuju, Organism dengan skor keseluruhan 63,88 atau ragu-ragu dan Respons dengan skor keseluruhan 61,89 atau ragu-ragu Kata Kunci : Kampanye, Instagram, Teori S-0-R |