JudulANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES DALAM POSTER TIGA FILM HOROR INDONESIA |
Nama: AMELIA |
Tahun: 2025 |
Abstrak AMELIA. B 501 21 246. Program Studi Ilmu Komunikasi Konsentrasi Broadcasting. Analisis Semiotika Roland Barthes dalam Poster Tiga Film Horor Indonesia. Dibimbing Stepanus Bo’do dan Nur Haidar. Poster film merupakan media promosi yang penting dalam industri perfilman, sebab memberikan kesan pertama mengenai isi film. Penelitian ini menganalisis tiga poster film: "Siksa Neraka", "Tanduk Setan", dan "Siksa Kubur" menggunakan pendekatan semiotika Roland Barthes. Tujuan penelitian adalah untuk mengkaji dan menganalisis makna denotasi, konotasi, dan mitos yang terkandung dalam elemen - elemen visual pada poster tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, memungkinkan peneliti untuk meneliti makna yang lebih dalam dari setiap elemen visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa makna denotasi yang bersifat langsung dari setiap poster menyampaikan elemen horor yang menakutkan, seperti cairan berwarna merah, api, gergaji, setengah lingkaran dengan dua struktur runcing melengkung ke atas, jenazah, sosok perempuan, tanah, juga papan nisan, dengan pemilihan warna poster mulai dari merah, hitam, dan orange. Makna konotasi pada keempat poster menyiratkan makna yang lebih mendalam mengenai konsekuensi dari tindakan buruk dan kepercayaan masyarakat terhadap siksaan di kehidupan setelah mati. Lalu makna mitos yang mencerminkan kepercayaan masyarakat mengenai keadilan ilahi juga mencerminkan pandangan ideologis masyarakat yang berakar dalam budaya, poster “Siksa Neraka” dan “Siksa Kubur” menggambarkan siksaan bagi orang - orang yang berdosa sedangkan "Tanduk Setan" menyoroti ancaman dari kekuatan jahat yang menyesatkan manusia. Melalui penelitian ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pemahaman tentang bagaimana poster film bukan hanya berfungsi sebagai alat promosi, tetapi juga sebagai teks visual yang kaya makna. Sedangkan untuk produser, promosi film, dan desainer grafis disarankan untuk menerapkan wawasan yang diperoleh dari penelitian ini dalam strategi pemasaran seperti mempertimbangkan elemen - elemen yang terbukti efektif dalam menciptakan kesan horor, seperti penggunaan warna, tipografi, dan simbolisme. Kata Kunci : Semiotoka, Roland Barthes, Poster Film, Film Horor, Ketakutan. |