JudulStrategi Komunikasi Inkubator Bisnis Dalam Memajukan UMKM Kota Palu |
Nama: AIMAN ZUHDI |
Tahun: 2025 |
Abstrak AIMAN ZUHDI B50121103 Strategi Komunikasi Inkubator Bisnis Dalam Memajukan UMKM Kota Palu Program Studi Ilmu Komunikasi Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako di bawah bimbingan Fadhliah Selaku Pembimbing I dan Roman Rezki Utama Selaku Pembimbing II Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi Inkubator Bisnis dalam memajukan UMKM Kota Palu. Bersifat deskriptif kualitatif dengan dasar penelitian studi kasus dan menggunakan Teknik pengumpulan data yaitu wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi dengan informan yang telah di pilih melalui Teknik purposive sampling. Jumlah informan 3 orang terdiri dari Ketua Inkubator Bisnis, Divisi pengembangan bisnis dan keuangan, dan Divisi pengembangan Program. Analisis data tersendiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Strategi komunikasi yang diterapkan oleh Inkubator Bisnis dalam memajukan UMKM di Kota Palu melibatkan lima langkah utama. (a) mengenal khalayak dengan memahami karakteristik, permasalahan, dan tahap perkembangan pelaku UMKM, sehingga pesan yang disampaikan lebih relevan. (b) menyusun pesan yang jelas dan efisien, dengan memanfaatkan metode copywriting untuk mengatasi masalah yang dihadapi UMKM, seperti pemasaran dan pengelolaan keuangan. (c) menetapkan metode komunikasi yang mencakup komunikasi langsung melalui mentoring, pelatihan, dan konsultasi, serta komunikasi tidak langsung menggunakan media sosial dan website, dengan pendekatan informatif, persuasif, dan deduktif. (d) memilih media yang tepat, seperti TikTok dan Instagram untuk audiens muda, serta website untuk informasi yang lebih mendalam. (e) mengatasi hambatan komunikasi yang timbul akibat perbedaan usia, latar belakang pendidikan, serta pemahaman terhadap teknologi dan bahasa. Strategi komunikasi Inkubator Bisnis memerlukan pemahaman mendalam tentang khalayak, penyusunan pesan yang tepat, serta penggunaan media yang sesuai untuk menjangkau dan mempengaruhi audiens dengan tujuan meningkatkan pengembangan UMKM. Dengan mengatasi hambatan yang ada, Inkubator Bisnis dapat lebih efisien mendukung pelaku UMKM dalam menghadapi tantangan dan memajukan usaha mereka di Kota Palu. |