JudulPEMANFAATAN MEDIA TIKTOK OLEH SATLANTAS POLRESTA PALU DALAM MENGEDUKASI MASYARAKAT MENGENAI PENTINGNYA KESELAMATAN DAN KETERTIBAN DALAM BERKENDARA |
Nama: RIZKY AMELIA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Rizky Amelia, B50121098. Jurusan Ilmu Sosial, Program Studi Ilmu Komunikasi, Konsentrasi Broadcasting, Skripsi “Pemanfaatan Media TikTok oleh Satlantas Polresta Palu dalam Mengedukasi Masyarakat Mengenai Pentingnya Keselamatan dan Ketertiban dalam Berkendara.” Dibimbing oleh Muchri Ramah dan Ahmad Fauzan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis sejauh mana pemanfaatan media sosial TikTok oleh Satlantas Polresta Palu dapat berperan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya keselamatan dan ketertiban dalam berlalu lintas. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori New Media dari Pierre Lévy, dengan fokus pada dua komponen utama yaitu interaksi sosial dan integrasi sosial dalam ruang digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, menerapkan teori New Media Pierre Lévy yang berfokus pada interaksi sosial dan integrasi sosial dalam ruang digital. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan personil Satlantas, observasi konten TikTok, dan wawancara dengan pengguna TikTok, serta analisis dokumentasi digital dari akun @satlantas_polresta_palu. Penelitian menunjukkan bahwa TikTok telah menjadi medium komunikasi dua arah yang efektif antara Satlantas dan masyarakat. Dalam aspek interaksi sosial, platform ini memfasilitasi respons aktif masyarakat melalui komentar dan likes, dengan konten penindakan lapangan menjadi yang paling responsif. Dalam aspek integrasi sosial, konten edukatif berhasil mengubah perilaku berkendara masyarakat, seperti peningkatan kesadaran penggunaan helm dan kepatuhan menggunakan sabuk pengaman. Masyarakat tidak hanya berperan sebagai konsumen informasi, tetapi juga sebagai pengguna akun TikTok yang aktif berinteraksi mengenai pesan keselamatan. Kata Kunci: TikTok, Satlantas, Keselamatan Berkendara, Interaksi Sosial, Integrasi Sosial, New Media. |