JudulBAURAN PROMOSI CV.SOLO INDAH DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK |
Nama: RISKI YULIANDATA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Riski Yuliandata B 501 21 088 “Bauran Promosi CV. Solo Indah dalam meningkatkan penjualan produk” Program Studi Ilmu Komunikasi Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako di bawah Bimbingan Ilyas selaku Pembimbing I dan Nur Haidar selaku Pembimbing II. Penelitian ini berjudul “Bauran Promosi CV. Solo Indah dalam Meningkatkan Penjualan Produk” dan bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi bauran promosi diterapkan oleh CV. Solo Indah dalam meningkatkan penjualan. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi terhadap pihak internal perusahaan dan mitra usaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CV. Solo Indah memanfaatkan lima elemen utama bauran promosi yaitu periklanan, promosi penjualan, penjualan pribadi, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung.Periklanan dilakukan melalui media sosial, akun informasi lokal, dan baliho di ruang publik. Promosi penjualan berupa program loyalitas seperti “Gebyar Hadiah” memberikan dampak positif terhadap keterikatan pelanggan. Penjualan pribadi dilakukan melalui pendekatan informal yang membangun relasi kuat dengan mitra. Kegiatan hubungan masyarakat diterapkan melalui event sponsorship dan partisipasi sosial yang memperkuat citra perusahaan. Sedangkan pemasaran langsung dijalankan melalui komunikasi personal berbasis media digital seperti WhatsApp dan media sosial. Implementasi strategi bauran promosi secara terpadu terbukti efektif dalam meningkatkan loyalitas pelanggan, serta mendorong penjualan produk CV. Solo Indah lebih luas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengelolaan strategi komunikasi pemasaran yang terintegrasi dan disesuaikan dengan karakteristik pasar mampu memperkuat posisi CV. Solo Indah sebagai perusahaan lokal yang kompetitif dan adaptif dalam menghadapi dinamika bisnis modern. Kata Kunci: Bauran Promosi, Strategi Komunikasi Pemasaran, Penjualan Produk, CV. Solo Indah. |