Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulSTRATEGI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) YAYASAN GALANG BERSAMA KAMI DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS DONATUR
Nama: ANA ANNANA MUTMAINA
Tahun: 2025
Abstrak
Ana Annana Mutmaina B 501 21 073 “Strategi Customer Relationship Management (CRM) Yayasan Galang Bersama Kami dalam Membangun Loyalitas Donatur” Program Studi Ilmu Komunikasi Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako di bawah Bimbingan Muhammad Wahid selaku Pembimbing I dan Ahmad Fauzan selaku Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi Customer Relationship Management (CRM) yang diterapkan oleh Yayasan Galang Bersama Kami dalam meningkatkan loyalitas donatur. Pendekatan teori dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan model IDIC dari Peppers and Rogers, yaitu Identify atau Identifikasi, Differentiate atau bedakan, Interact/interaksi, dan Customize/sesuaikan. Tipe penelitian kualitatif dengan dasar penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Melalui teknik purposive sampling maka terpilih 5 informan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap Identify/identifikasi, Yayasan Galang Bersama Kami (YGBK) mengumpulkan data donatur berdasarkan latar belakang dan preferensi donatur. Pada tahap Differentiate/bedakan, yayasan mengelompokkan donatur menjadi empat kelas, donatur baru, donatur retensi, donatur loyal, dan donatur premium, berdasarkan tingkat keterlibatan, frekuensi donasi, dan ketertarikan program. Tahap Interact/interaksi dilakukan melalui komunikasi dua arah secara personal dan digital, serta pelibatan donatur dalam kegiatan sosial. Sementara pada tahap Customize/sesuaikan, yayasan menyesuaikan pendekatan komunikasi dan program berdasarkan profil dan minat masing-masing donatur. Kata kunci: Customer Relationship Management, loyalitas donatur, yayasan sosial.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up