Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPEMANFAATAN INSTAGRAM DALAM MEMPROMOSIKAN PRODUK DI PT. TELKOM AKSES TARAKAN
Nama: MEYNAR KHOFIFA
Tahun: 2025
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan fitur-fitur instagram yang digunakan dalam mempromosikan produk di PT. Telkom Akses Tarakan dengan menggunakan teori Promotion Mix. Media sosial telah menjadi alat komunikasi dan promosi yang sangat efektif dalam era digital saat ini. Salah satu platform yang paling populer dan banyak digunakan oleh perusahaan untuk kegiatan pemasaran adalah instagram. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus melalui observasi dan wawancara. Dalam proses penentuan informan, peneliti menggunakan teknik purposive sampling, informan terdiri dari lima orang. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Telkom Akses Tarakan secara aktif memanfaatkan Instagram sebagai sarana untuk menyampaikan informasi mengenai produk dan layanan, melakukan promosi, serta membangun komunikasi dengan pelanggan. Aktivitas tersebut meliputi: kegiatan periklanan, pemasaran digital, dan publisitas yang dilakukan melalui fitur postingan di feed dan story Instagram serta reels. Selanjutnya kegiatan penjualan personal dengan memanfaatkan fitur Direct Message (DM) dan kolom komentar pada postingan dan kegiatan promosi penjualan yang dilakukan dengan fitur question box di story serta kegiatan pemasaran langsung menggunakan fitur polling dan sesi tanya jawab (Q&A). Konten yang dibagikan berupa gambar, video, serta desain grafis yang dirancang secara menarik dengan narasi yang disesuaikan untuk menjangkau audiens lokal.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up