Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMANAJEMEN KOMUNIKASI PRO 2 RRI KOTA PALU DALAM MEMPERKENALKAN EKSISTENSI UMKM LOKAL MELALUI PROGRAM SORE CERIA: PARTNER UMKM
Nama: DIYAH KURNIADINI
Tahun: 2025
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi manajemen komunikasi PRO 2 RRI Kota Palu dalam memperkenalkan eksistensi UMKM lokal melalui program Sore Ceria: Partner UMKM. Pendekatan teori dalam penelitian ini adalah teori dari George R. Terry yang mencakup tahapan-tahapan manajemen komunikasi dengan menggunakan metode POAC. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang berasal dari LPP RRI Kota Palu Programa 2. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa PRO 2 RRI Kota Palu menerapkan manajemen komunikasi dalam Program Sore Ceria: Partner UMKM yakni, Perencanaan berupa penetapan tujuan, baik umum maupun khusus. Lalu membuat aturan yang dilakukan berdasarkan pedoman siaran dan pola siaran dari LPP RRI Pusat. Dilanjutkan dengan menentukan konsep acara, penjadwalan, penentuan narasumber, hingga membuat flyer dan thumbnail YouTube. Pengorganisasian atau koordinasi dicapai dengan menciptakan kerangka kerja, wewenang yang tersusun dari Produser, Pengarah Acara, Pengarah Teknik, dan Penyiar. Pelaksanaan Program Sore Ceria: Partner UMKM disiarkan berbasis multiplatform menggunakan YouTube serta aplikasi RRI Digital. Pengawasan dilakukan dengan mengevaluasi rutin mingguan dan tahunan untuk mengetahui efektifitas program agar tepat sasaran dalam mencapai tujuan dari Program Sore Ceria: Partner UMKM untuk memperkenalkan eksistensi UMKM Lokal Kota Palu. Kata Kunci: Manajemen Komunikasi, Program Sore Ceria, PRO 2 RRI, UMKM.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up