JudulPRINSIP-PRINSIP DESAIN KOMUNIKASI VISUAL PADA LOGO HUT KE-46 SEBAGAI IDENTITAS VISUAL PEMERINTAH KOTA PALU |
Nama: WAHIT |
Tahun: 2025 |
Abstrak Wahit (B 501 21 034) “Prinsip-Prinsip Desain Komunikasi Visual Pada Logo HUT ke 46 Sebagai Identitas Visual Pemerintah Kota Palu”. Program Studi Ilmu Komunikasi Konsentrasi Broadcasting Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako. Dibimbing oleh Citra Antasari Sebagai Konsultan I dan Kudratullah Sebagai Konsultan II. Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan prinsip-prinsip desain komunikasi visual pada logo HUT ke-46 sebagai identitas visual pemerintah Kota Palu. Menggunakan metode kualitatif, dasar penelitian analisis kerja dan aktivitas, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Informan dipilih dengan teknik purposive sampling berjumlah dua (2) orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa logo HUT Kota Palu ke-46 memenuhi prinsip original and distintive melalui elemen desain yang khas. Namun, logo ini tidak memenuhi prinsip legible karena beberapa elemen sulit diidentifikasi dalam ukuran kecil. Prinsip simple juga tidak terpenuhi akibat penambahan elemen yang menyulitkan pemahaman. Meskipun demikian, prinsip memorable terpenuhi berkat desain yang menarik, dan prinsip easily associated with the organization, dengan instansi terpenuhi karena keterkaitan logo dengan identitas visual pemerintah Kota Palu. Prinsip easily adaptable for all graphic media juga terpenuhi berkat brand guideline yang jelas. Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi pada pengembangan desain komunikasi visual di palu dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya identitas visual yang kuat. Kata Kunci : Identitas Visual, Logo |