JudulPERSEPSI MAHASISWA PADA KONTEN TIKTOK @VMULIANA DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN INFORMASI |
Nama: ZHIKRA |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Zhikra (B 501 20 258) Program Studi Ilmu Komunikasi Konsentrasi Broadcasting Universitas Tadulako. Skripsi Persepsi Mahasiswa Pada Konten TikTok @vmuliana Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi. Dibimbing Oleh Sumarni Zainuddin Sebagai Konsultan I dan Dwi Rohma Wulandari Sebagai Konsultan II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap konten yang dihasilkan oleh akun TikTok @vmuliana terkait informasi dunia kerja. Metode penelitian yang digunakan adalah tipe deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, mengacu pada teori persepsi Alex Sobur tentang seleksi, interpretasi, dan reaksi. Responden terdiri dari 71 mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP UNTAD angkatan 2018 dan 2019, dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data dilakukan melalui statistik deskriptif menggunakan program SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase persepsi terhadap seleksi (X1) adalah 81,18% menunjukkan informasi tentang dunia kerja yang disampaikan oleh @vmuliana sudah terpenuhi, kemudian interpretasi (X2) sebesar 83,43% menunjukkan terpenuhi, dan reaksi (X3) mencapai 81,12% juga menunjukkan terpenuhi. Jadi, berdasarkan penilaian tiga komponen persepsi menurut Alex Sobur, maka skor penilaian persepsi mahasiswa terhadap konten TikTok @vmuliana yaitu (82,24%), maka dapat disimpulkan bahwa kebutuhan informasi mahasiswa tentang dunia kerja yang disampaikan oleh akun @vmuliana melalui kontennya di TikTok yaitu sudah terpenuhi. Kata Kunci : Persepsi, Konten TikTok, Informasi. |