Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKomunikasi Persuasif Lembaga Dakwah MPM Al-Jihad FISIP UNTAD Dalam Merekrut Kader Baru
Nama: SURIYANI
Tahun: 2024
Abstrak
Suriyani B 501 20 241 “Komunikasi Persuasif Lembaga Dakwah MPM Al-Jihad dalam Merekrut Kader Baru" Program Studi Ilmu Komunikasi Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako di bawah bimbingan Konsultan I Israwati Suriady dan Konsultan II Fitriani Puspa Ningsih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana teknik komunikasi persuasif lembaga dakwah MPM Al-Jihad Fisip Untad dalam merekrut kader baru. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan dasar penelitian yaitu studi kasus, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara dengan narasumber yang ditentukan berdasarkan teknik Purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengurus MPM Al-Jihad menggunakan lima teknik komunikasi persuasif yaitu teknik asosiasi, yakni menghubugkan pesan dengan fenomena atau tren yang sedang menarik perhatian mahasiswa muslim Fisip Untad angkatan 2023. Teknik integrasi, yaitu cara menarik simpati dan membangun hubungan yang lebih emosional dengan mahasiswa muslim Fisip Untad angkatan 2023. Teknik tataan, yaitu dengan mempersiapkan terlebih dahulu pesan yang akan disampaikan kepada mahasiswa muslim Fisip Untad angkatan 2023. Teknik ganjaran, yakni memberikan iming-iming kepada mahasiswamuslim Fisip Untad angkatan 2023 agar mereka tertarik untuk berbagung, dan teknik red-herring, yaitu pengalihan perhatian mahasiswa muslim Fisip Untad angkatan 2023 dari isu yang tidak relevan, dalam merekrut kader baru. Teknik-teknik ini bertujuan untuk menarik minat mahasiswa muslim Fisip Untad angkatan 2023. Namun sebagian besar mahasiswa muslim Fisip Untad angkatan 2023 merasa tidak tertarik untuk bergabung. Hal ini dikarenakan mahasiswa muslim Fisip Untad angkatan 2023 merasa bahwa teknik komunikasi persuasif yang digunakan tidak relevan dengan kebutuhan mereka, serta kegiatan rekrutmen dan program kerja yang diselenggarakn oleh MPM Al-Jihad terkesan monoton dan membosankan. Sehingga minat untuk bergabung di MPM Al-Jihad menurun. Kata kunci: Komunikasi Persuasif, Rekrutmen, MPM AL-Jihad Fisip Untad

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up