Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulFaktor-faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Masyarakat Kelurahan Tondo Terkait Pemberitaan Negatif Sistem Informasi Rekapitulasi (SIREKAP) Pada Pemilihan Umum Tahun 2024
Nama: ANISA LESTARI
Tahun: 2024
Abstrak
Anisa Lestari, B 501 20 176 “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Persepsi Masyarakat Kelurahan Tondo Terkait Pemberitaan Negatif Sistem Informasi Rekapitulasi (SIREKAP) pada Pemilihan Umum Tahun 2024” Program Studi Ilmu Komunikasi Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako dibawah bimbingan Israwaty Suriady selaku pembimbing I dan Dwi Rohma Wulandari selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap pemberitaan Sistem Informasi Rekapitulasi (SIREKAP) pada Pemilihan Umum 2024. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus, subjek penelitian berjumlah enam orang yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dianalisis melalui tiga jalur analisis yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi masyarakat dipengaruhi secara signifikan oleh pemberitaan negatif di media sosial dan media massa, terutama terkait perbedaan hasil antara SIREKAP dan C-Hasil serta masalah teknis yang terjadi saat pengunggahan data. Dari analisis yang dilakukan, teridentifikasi tiga faktor utama yang memengaruhi persepsi informan: perhatian, fungsional, dan struktural. Perhatian masyarakat terhadap berita negatif SIREKAP berperan signifikan dalam membentuk persepsi mereka. Masyarakat yang lebih memperhatikan berita SIREKAP cenderung lebih skeptis dan kritis dalam menilai informasi. Selain itu, faktor struktural seperti tingginya intensitas pemberitaan negatif tentang SIREKAP yang diterima secara terus-menerus melalui media sosial dan tayangan berita, yang membentuk persepsi negatif terhadap cara masyarakat memaknai berita negatif tersebut. Faktor fungsional, yang mencakup kebutuhan untuk mendapatkan informasi yang akurat, mendorong masyarakat untuk aktif mencari dan mengevaluasi sumber informasi yang ada. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi masyarakat dibentuk tidak hanya oleh informasi yang diterima saat ini, tetapi juga oleh latar belakang pengalaman dan pengetahuan yang telah ada sebelumnya. Kata Kunci : Berita, Persepsi, SIREKAP.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up