| JudulSTRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL IYHAL MAHAR PALU MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI PLATFORM BISNIS |
| Nama: RISMAYANTI |
| Tahun: 2025 |
| Abstrak ABSTRAK Rismayanti, B50120174. “Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Iyhal Mahar Palu Melalui Media Sosial Instagram Sebagai Platform Bisnis.” Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Ttadulako. Dibawah bimbingan Muhammad Isa Yusaputra dan Bapak Ahmad Fauzan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran digital yang dilakukan oleh Iyhal Mahar Palu melalui media sosial Instagram. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam terhadap lima informan: pemilik usaha, dua karyawan, dan dua pelanggan. Subjek penelitian dipilih secara purposive sampling, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mendorong perubahan signifikan dalam strategi pemasaran, khususnya di ranah digital. Media sosial, sebagai bagian dari ekosistem digital, kini menjadi sarana strategis dalam menjalin relasi dengan konsumen dan memperkuat identitas merek. Teori yang digunakan sebagai pisau analisis adalah Marketing 4.0 oleh Kotler, yang menekankan peralihan dari tradisional ke digital dengan pendekatan human-centric. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Iyhal Mahar Palu menerapkan enam strategi utama: (1) pemilihan Instagram sebagai media komunikasi pemasaran digital; (2) strategi branding melalui instagram; (3) konsistensi unggahan dan jenis konten yang efektif; (4) interaksi dengan pelanggan dan peran testimony pelanggan; (5) peran influencer dan endorsment; dan (6) penggunaan iklan berbayar untuk menghadapi persaingan. Strategi ini memperkuat positioning merek Iyhal Mahar di pasar digital lokal. Kata kunci: Strategi Komunikasi, Pemasaran Digital, Marketing 4.0. |