JudulTEKNIK KOMUNIKASI PERSUASIF KANTOR BADAN PERTANAHAN NASIONAL KABUPATEN TOLITOLI DALAM MENSOSIALISASIKAN PROGRAM PENDAFTARAN TANAH SISTEMATIS LENGKAP |
Nama: HAFIFAH AIDA AISYARA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Hafifah Aida Aisyara, B 501 20 172 “Teknik Komunikasi Persuasif Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Tolitoli Dalam Mensosialisasikan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap” Program Studi Ilmu Komunikasi Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako dibawah bimbingan Andi Febri Herawati selaku pembimbing I dan Dyah Fitria Kartika Sari selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknik komunikasi persuasif kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Tolitoli dalam mensosialisasikan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Penelitian ini menggunakan teori teknik-teknik komunikasi persuasif oleh Onong Uchjana Effendy yang terdiri dari 5 teknik. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan dasar penelitian adalah penelitian studi kasus. Subjek penelitian berjumlah tiga orang informan dengan teknik purposive sampling. Objek penelitian yaitu teknik komunikasi persuasif kantor BPN Kabupaten Tolitoli dalam mensosialisasikan program PTSL. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kantor BPN Kabupaten Tolitoli dalam pelaksanaan sosialisasi program menggunakan lima teknik komunikasi persuasif yakni teknik asosiasi, teknik integrasi, teknik ganjaran, teknik tataan, dan teknik red-herring. Pada teknik asosiasi BPN melibatkan pihak seperti, tokoh masyarakat, kepala desa, kepolisian untuk memberikan pengetahuan terkait program PTSL. Teknik integrasi BPN Kabupaten Tolitoli menyesuaikan pendekatan sesuai sasaran PTSL yang dituju dan menyampaikan pesan bahwa PTSL merupakan kepentingan bersama. Memberikan pemahaman dan edukasi terkait pentingnya memiliki sertifikat tanah melalui program PTSL dengan memberikan pemahaman terkait biaya serta produk menguntungkan yang dihasilkan dari program PTSL untuk menarik perhatian masyarakat menjadi upaya dari teknik ganjaran BPN. Teknik tataan pada kegiatan sosialisasi secara langsung BPN menyampaikan pesan persuasif menggunakan bahasa daerah untuk membangun kedekatan dengan warga sedangkan secara tidak langsung melalui brosur, media sosial seperti instagram dan serta bekerja sama dengan RRI. Memberikan hal yang menguntungkan seperti nilai harga tanah menjadi tinggi dari adanya sertifikat tanah, serta mendapatkan pengurusan sertifikat tanah tanpa dipungut biaya oleh pemerintah menjadi upaya dari red-herring. Kata kunci : Komunikasi Persuasif, BPN, Sosialisasi Program PTSL |