JudulStrategi Content Marketing @kedai.sirqel Dalam Membangun Customer Engagement |
Nama: ARUL |
Tahun: 2025 |
Abstrak Arul, B 501 20 152 “Strategi Content Marketing @KedaiSirqel dalam Membangun Customer Engagement” Program Studi llmu Komunikasi Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako dibawah bimbingan Citra Antasari sebagai konsultan I dan Ahmad Fauzan sebagai konsultan II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Content marketing @kedai.sirqel dalam membangun customer engagement. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan dasar penelitian menggunakan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, dengan tiga informan kunci yang terlibat langsung dalam pengelolaan konten di Kedai Sirqel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi content marketing Kedai Sirqel terdiri atas tujuh tahap: menyusun tujuan, pemetaan audiens, perencanaan dan ideasi konten, pembuatan konten, distribusi, amplifikasi, serta evaluasi dan pengembangan konten. Strategi ini dilakukan secara konsisten dengan menonjolkan suasana kedai, nilai emosional, dan kedekatan dengan komunitas. Bentuk customer engagement yang terbentuk mencakup keterlibatan secara kognitif, emosional, dan perilaku. Keterlibatan ini terlihat dari partisipasi aktif pelanggan dalam interaksi digital seperti polling, komentar, Q&A, hingga keterlibatan dalam kegiatan komunitas secara langsung. Temuan ini menunjukkan bahwa strategi content marketing yang dijalankan tidak hanya meningkatkan awareness, tetapi juga membentuk loyalitas dan hubungan jangka panjang dengan pelanggan. |