JudulSTRATEGI PENYIARAN RRI PALU PRO 4 PROGRAM ACARA “MANGEPE DADE DANGDUT” DALAM MEMPERTAHANKAN MINAT DENGAR MASYARAKAT KOTA PALU |
Nama: ENDAH MUGIARTI |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Endah Mugiarti, B 501 20 106, Jurusan Ilmu Komunikasi, Program Studi Ilmu Komunikasi, Konsentrasi Broadcasting, Skripsi, ” Strategi Penyiaran RRI Palu Pro 4 Program Acara 'Mangepe Dade Dangdut' dalam Mempertahankan Minat Dengar Masyarakat Kota Palu”. Dibimbing oleh Sumarni Zainuddin Sebagai Konsultan I dan Fitriani Puspa Ningsih Sebagai Konsultan II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi penyiaran yang diterapkan oleh RRI Palu Pro 4 dalam program acara “Mangepe Dade Dangdut” untuk mempertahankan dan meningkatkan minat pendengar. Pendekatan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori dari Susan Tyler Eastman dan Douglas A. Ferguson yang mencakup lima elemen utama: kesesuaian, pembentukan kebiasaan, pengontrolan arus pendengar, penyimpanan sumber-sumber program, dan daya penarik massa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari koordinator bidang siaran, koordinator programa 4, penata bidang perencanaan dan penyiar RRI Palu Pro 4. Berdasarkan temuan dan analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan beberapa poin penting sebagai berikut : Program "Mangepe Dade Dangdut" telah menyesuaikan konten siaran dengan preferensi dan kebutuhan pendengar di Kota Palu. program ini Menyesuaikan jadwal siaran dan pemilihan tipe program yang sesuai dengan kebutuhan pendengar, serta menyisipkan unsur budaya lokal seperti penggunaan bahasa daerah dalam siaran. Pembentukan kebiasaan dicapai melalui penjadwalan yang konsisten dan segmen yang berbeda. Pengontrolan arus pendengar dilakukan dengan interaksi langsung menerima request lagu dari pendengar dan melakukan evaluasi rutin terhadap program. Penyimpanan sumber- sumber program seperti rekaman siaran, naskah, dan data pendengar di Cloud RRI untuk referensi dan evaluasi, sementara daya penarik massa ditingkatkan melalui elemen siaran seperti ILM, spot, filler, dan adlibs, serta memutar lagu-lagu populer untuk menciptakan variasi dan menarik perhatian pendengar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi penyiaran yang diterapkan oleh RRI Palu Pro 4 pada program "Mangepe Dade Dangdut" berhasil mempertahankan minat dengar masyarakat Kota Palu. Rekomendasi untuk pengembangan lebih lanjut termasuk peningkatan interaksi digital, diversifikasi konten, dan peningkatan kualitas siaran. Kata Kunci: Strategi Penyiaran, RRI Palu Pro 4, Mangepe Dade Dangdut, Minat Dengar |