JudulPenerapan Teknik-Teknik Komunikasi Persuasif Debt Collector Dalam Penagihan Pembayaran Kredit Bermasalah Di PT Woori Finance Indonesia Cabang Kota Palu |
Nama: RIA RAMADANI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui penerapan teknik-teknik komunikasi persuasif yang dilakukan oleh debt collector dalam melakukan penagihan kepada nasabah bermasalah di PT. Woori Finance Indonesia Cabang Kota Palu dengan menggunakan metode ini bersifat deskriptif kualitatif dengan dasar penelitian studi kasus dengan teknik pengumpulan data dan observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam terhadap lima informan yang dipilih dengan menggunakan purposive sampling. Analisis data menggunakan teknik analisis model Interaktif (Miles dan Hubernam) Hasil penelitian ini menunjukkan debt collector PT. Woori Finance Indonesia Cabang Kota Palu dalam melakukan penagihan kepada nasabah bermasalah menggunakan 5 teknik komunikasi persuasi yang efektif dalam mempersuasi nasabah bermasalah, 1.) Motivational appeal debt collector mengingatkan nasabah membayar cicilan kredit sebelum jatuh tempo agar terhindar dari denda. 2.) Humoris appeal menyampaikan pesan yang berisi seruan kepada nasabah yang bermasalah agar nasabah tidak merasa tertekan, humor sebaiknya digunakan sebagai alat bantu, bukan sebagai fokus utama, agar pesan yang ingin disampaikan tetap jelas. 3.) Reward appeal Menawarkan penjadwalan ulang dengan nasabah sebagai tindakan penagihan selanjutnya. 4.) Emotional appeal debt collector menyampaikan pesan dengan penuh empati kepada nasabah, mengingatkan nasabah tentang komitmen awal yang telah dibuat saat memilih PT WFI sebagai penyedia layanan, dan budaya malu yang dimiliki nasabah digunakan untuk mendorong nasabah memenuhi kewajibannya membayar tunggakan kredit. 5.) Fear appeal menyampaikan pesan menakut-nakuti dengan memberikan peringatan yang tegas kepada nasabah. Kata Kunci : Komunikasi Persuasif, Debt Collector dan Nasabah |