JudulSTRATEGI KOMUNIKASI HARIAN UMUM RADAR SULTENG UNTUK MEMPERTAHANKAN PELANGGAN |
Nama: NURDIANA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Nurdiana Stambuk B50120055 Program Studi Ilmu Komunikasi Skripsi “Strategi Komunikasi Harian Umum Radar Sulteng Untuk Mempertahankan Pelanggan”. Di bawah Bimbingan Rizqy Alfiyaty sebagai Pembimbing I dan Fitriani Puspa Ningsih sebagai Pembimbing II. Tujuan penelitian untuk mengetahui Strategi Komunikasi yang dilakukan Harian Radar untuk Mempertahankan Pelanggan, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan dasar penelitian studi kasus, melalu teori Strategi Komunikasi Hafied Cangara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Harian Radar Sulteng mengalami penurunan signifikan dalam penjualan akibat persaingan dari media digital, terutama setelah gempa pada tahun 2018. Meskipun demikian, perusahaan berupaya mempertahankan eksistensi dan meningkatkan omset. Harian Radar Sulteng menerapkan empat dari lima tahapan strategi menurut Hafied Changara, yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (excecute), evaluasi (measure) , dan pelaporan (react), namun tidak menggunakan tahapan pertama yaitu penelitian (research). Dalam merencanakan strategi komunikasi, mereka fokus pada segmentasi audiens, terutama di lingkungan pemerintahan, dan menerapkan strategi penjualan borongan. Strategi pelaksanaan melibatkan kerja sama dengan panitia kegiatan, penawaran pembelian koran dengan bonus liputan, serta upaya beradaptasi dengan digitalisasi. Evaluasi dilakukan secara terstruktur setiap dua minggu atau satu bulan, sementara pelaporan hasil evaluasi memungkinkan berbagi temuan dengan pemangku kepentingan dan mendapatkan umpan balik. Dengan demikian, strategi komunikasi Harian Radar Sulteng didasarkan pada pemahaman pasar dan kebutuhan pelanggan, serta melibatkan serangkaian tahapan untuk memastikan kesuksesan dan perbaikan berkelanjutan. Kata Kunci : strategi, komunikasi, media, cetak, pelanggan |