JudulSTRATEGI HUMAS DALAM MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN PUBLIK PADA LEMBAGA PENYIARAN PUBLIK RRI PALU |
Nama: SITI RAHMI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Siti Rahmi, B50120054 “Strategi Humas Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Publik Pada Lembaga Penyiaran Publik RRI Palu” Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Tadulako, dibawah bimbingan Dr. Andi Febri Herawati dan Fitriani Puspa Ningsih. Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi Humas yang dilakukan oleh Humas RRI Palu dalam meningkatkan mutu pelayanan publik. Tipe penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi terhadap empat orang informan menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa reduksi data, penyajian data dan verifikasi data, landasan teori yang digunakan adalah teori dari Rosady Ruslan terkait strategi Humas yaitu strategi operasional, pendekatan persuasif dan edukatif, strategi tanggung jawab sosial Humas, strategi kerjasama dan strategi koordinatif dan integratif. Penelitian ini menunjukan bahwa Humas RRI Palu melakukan berbagai strategi untuk meningkatkan mutu pelayanan publiknya, seperti pengelolaan PPID (Pengelola Pejabat Informasi Dokumentasi), meningkatkan kegiatan layanan publik melalui program-program unggulan dan program siaran, pemanfaatan platform media sosial, aplikasi digital dan program siaran radio untuk menjangkau masyarakat yang lebih luas. Selain itu, Humas RRI Palu juga terlibat dalam program tanggung jawab sosial untuk memperkuat hubungan dengan masyarakat. Strategi kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah, perusahaan swasta, sektor pendidikan, UMKM, dan lain sebagainya, juga diimplementasikan untuk mendukung dan meningkatkan pelayanan publik. Keseluruhan strategi ini memastikan bahwa RRI Palu tetap relevan dan responsif terhadap dinamika sosial dan budaya di era digital. Kata Kunci : Strategi Humas, Pelayanan Publik, RRI Palu. |