Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulEFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI KULINER KOTA PALU @KULINER_PALU
Nama: MIDIAN TUDAAN
Tahun: 2025
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media sosial pada akun Instagram @kuliner_palu dalam mempromosikan kuliner di Kota Palu. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, mengacu pada teori pengukuran efektivitas media oleh Bruhn Schoenmueller dan Scahafer tentang atraktivitas media, kejelasan informasi media, kelengkapan informasi media, kemudahan akses media, penyajian informasi terbaru. Responden terdiri dari 100 orang, dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data dilakukan melalui statistik deskriptif menggunakan program SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase efektivitas media berdasarkan atraktivitas media adalah 78,35% menunjukkan bahwa dalam menarik perhatian melalui foto atau video dan mempengaruhi followers untuk terlibat dalam postingan efektif, kemudian kejelasan informasi media sebesar 84,3% menunjukkan bahwa kejelasan informasi yang diberikan sangat efektif, kelengkapan informasi media sebesar 81,17% menunjukkan bahwa sangat efektif, kemudahan akses media sebesar 79,5% menunjukkan bahwa efektif, dan penyajian informasi terbaru sebesar 80% menunjukkan bahwa efektif. Jadi berdasarkan penilaian 5 indikator efektivitas media menurut Burhn dan Scahafer, maka skor penilaian efektivitas media sosial Instagram sebagai media promosi kuliner Kota Palu pada akun @kuliner_palu yaitu 80,67%, maka dapat disimpulkan bahwa media sosial Instagram efektif sebagai media promosi kuliner Kota Palu pada akun @kuliner_palu.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up