JudulAnalisis Retorika Visual Nilai Moral Pada Film Battle Of Surabaya |
Nama: MOH. RIZALDI |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK MOH.RIZALDI, STAMBUK B501 20 038. Jurusan Ilmu Komunikasi, Program Studi Strata Satu Ilmu Komunikasi, Konsentrasi Broadcasting. Skripsi “Analisis Retorika Visual Nilai Moral pada Film Animasi Battle of Surabaya” di bawah bimbingan Citra Antasari selaku pembimbing I dan Kudratullah selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai moral yang terkandung dalam film Battle of Surabaya, melalui Subject, Context dan Perspective berdasarkan model analisis retorika visual Hesford dan Bruggemann. Tipe penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, dengan sumber data yaitu data primer yang diperoleh dari audiovisual film dan data sekunder yang diperoleh dari sejumlah literatur. Pengumpulan data melalui cara observasi melihat secara keseluruhan film dari awal sampai akhir, dan melakukan dokumentasi dengan cara memasukan data berupa potongan-potongan gambar film yang menunjukan adanya topik yang releven dengan penelitian yaitu nilai moral. Hasil temuan berdasarkan analisis retorika visual model dari Hesford dan Brueggemann memberikan sebuah gambaran bahwa dalam film Battle of Surabaya terdapat nilai moral yang dapat kita terapkan dalam kehidupan dan juga penggunaan elemen-elemen visual seperti pemilihan warna yang dominan redup dan lembut memberikan kesan sebuah film peperangan, berbagai sudut pengambilan scene yang baik, tampilan dari beberapa karakter yang mengikuti standar pakaian zaman itu, serta gerakan penanda dari karakter dalam film yang mempunyai sebuah arti dan makna di dalamnya, seperti gerakan tangan Musa yang menadah ke depan dan Yumna yang melipat tangan ke depan saat ingin makan dalam satu waktu mengartikan sebuah nilai moral toleransi antar umat beragama, serta ada 9 nilai moral lainnya dalam film Battle of Surabaya antara lain tanggung jawab, peduli, saling berbagi, pantang menyerah, tolong-menolong, berbakti kepada orang tua, sopan santun, cinta tanah air, dan ikhlas yang dibagi kedalam tiga jenis nilai moral menurut Sulistyorini yaitu nilai moral individu, nilai moral sosial dan nilai moral religi. Kata Kunci : Nilai Moral, Film Animasi, Battle of Surabaya, Retorika Visual |