Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulOptimalisasi Layanan Infomasi Publik Melalui Instagram Pada Bagian Digital Public Relations Kantor Pajak Pratama Palu
Nama: DEWI RANI WASTIKA RAHMAH
Tahun: 2024
Abstrak
Dewi Rani Wastika Rahmah B 501 20 024 “Optimalisasi Layanan Informasi Publik Melalui Instagram Pada Bagian Digital Public Relations Kantor Pajak Pratama Palu” Program Studi Ilmu Komunikasi Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Tadulako di bawah Bimbingan Ilyas selaku Pembimbing 1 dan Rizqy Alfiyaty selaku Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui optimalisasi pelayanan publik secara online yang dilakukan oleh Digital Public Relations Kantor Pajak Pratama Palu melalui media sosial Instagram. Tipe penelitian deskriptif kualitatif dengan studi kasus sebagai dasar penelitiannya. Melalui teknik purposive sampling maka terpilihan lima informan, yakni Kepala bidang pelayanan Kantor Pajak Pratama Palu, Admin Media Sosial, Staff Bidang Pelayanan, Pegawai Kejaksaan, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukan bahwa optimalisasi layanan informasi publik secara online merupakan implementasi kebijakan Direktur Jendral Pajak tentang wajib pajak nomor 09 tahun 2021. Dalam proses optimalisasi teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah The Circular Model Of Some, dapat disimpulkan bahwa dalam tahapan aspek share informasi yang dibagikan di akun @pajakpalu mempermudah dalam membentuk pemahaman publik melalui instagram terkait program wajib pajak yang menmanfaatkan fitur-fitur instagram. Dalam tahapan aspek optimize akun Instagram @pajakpalu telah berupaya untuk mendengar dan mempelajari apa yang sedang dibicarakan oleh publik dengan baik yang di kelola melalui pelayanan online. Pada tahapan aspek manage akun Instagram @pajakpalu sudah mengelola akun Instagram dengan sangat baik melalui konten-konten terkait wajib pajak. Pada tahapan aspek engage, akun Instagram dalam melakukan optimalisasi berhasil menjangkau audiens dan memberikan respon yang cepat untuk meraih target audiensnya. Kata Kunci: Public Relations, Optimalisasi, Instagram, Kota Palu

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up