JudulPengaruh Terpaan Video Tiktok Melalui Sistem Affiliate Akun @ini.nabilaa Pada Produk Mabello Terhadap Perilaku Impulsive Buying |
Nama: DIANA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terpaan melalui video TikTok menggunakan Sistem affiliate terhadap pembelian impulsif dengan pengikut akun tiktok @ini.nabilaa. tipe penelitian ini menggunakan Kuantitatif eksplanatif dengan dasar penelitian survey. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden atau followers yang pernah menonton video TikTok produk Mabello pada akun TikTok @ini.nabilaa. Teknik pengambilan sampel dengan Random Sampling, pengumpulan data menggunakan kuesioner secara online. Analisis data pada penelitian ini dilakukan menggunakan analisis linear berganda untuk mengetahui pengaruh variabel dengan bantuan program SPSS versi 27. Penelitian ini mengacu pada teori terpaan media oleh Rakhmat (2009) dalam (Rizki, 2017) menguji indikator pada durasi, frekuensi dan atensi. Hasi penelitian ini menunjukan hasil uji linear berganda diperoleh Durasi (X1) besaran nilai - 0.288 secara persial memberikan pengaruh dengan pengaruh negatif terhadap Pembelian Impulsif, artinya semakin lama pengikut akun tiktok @ini.nabilaa menonton video TikTok produk Mabello maka semakin rendah tingkat perilaku pembelian impulsif. Frekuensi (X2) nilai 0.993 memberikan pengaruh positif terhadap Pembelian Impulsif, hal ini menunjukan seringnya menonton video tiktok video TikTok produk Mabello maka semakin tinggi tingkat perilaku pembelian impulsif. Frekuensi (X3) besaran nilai 0,788 memberikan pengaruh positif terhadap Pembelian Impulsif, hal ini menunjukan perhatian penonton pada tayangan video tiktok maka semakin tinggi perilaku pembelian impulsive. Maka nilai pada variabel (Y) 16.924 sudah di pengaruhi variabel independent. Adapun itu pengaruh variabel independent terhadap dependen dilihat menggunakan uji Koefisien Determinasi Adjusted R Square (R2) dengan nilai Nilai Adjusted R Square = 0,223 dengan kategori sedang atau cukup ketepatannya. Artinya Durasi (X1), Frekuensi (X2), Atensi (X3) terhadap Pembelian Impulsif (Y) bahwa kemampuan variabel independent dalam penelitian ini mampu mempengaruhi variabel dependen sebesar 22,3%. Hasil uji hipotesis F secara simultan yang diuji menggunakan SPSS versi 27 maka diperoleh nilai F-hitung sebesar 10.497 > F- tabel 2.70 dengan tingkat signifikansi (0.001 < 0.05), dengan demikian dapat disimpulkan Maka Ho dalam penelitian ini ditolak dan Ha diterima seluruh variabel X (Durasi, Frekuensi dan Atensi) berpengaruh secara terhadap variabel Y (Pembelian Impulsif) Kata kunci: Terpaan Video, TikTok, Produk Mabello, Sistem Affiliate, Akun @ini.nabilaa, Perilaku Impulsive Buying. |