Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulSTRATEGI KOMUNIKASI PROGRAM KAMPUS MERDEKA (STUDI KASUS MBKM OFFICIAL UNTAD DALAM MENINGKATKAN MINAT MAHASISWA MENGIKUTI PROGRAM KAMPUS MERDEKA)
Nama: RAHMAT IRSAN ARYANTO
Tahun: 2025
Abstrak
Rahmat Irsan Aryanto B501 20 009 ”Strategi Komunikasi Sosialisasi Program Kampus Merdeka (Studi Kasus MBKM Official Untad Dalam Meningkatkan Minat Mahasiswa Mengikuti Program Kampus Merdeka) Program Studi Ilmu Komunikasi Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako di bawah bimbingan Konsultan I Edwan dan Konsultan II Roman Rezki Utama Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi yang diterapkan oleh MBKM Official Universitas Tadulako dalam mensosialisasikan Program Kampus Merdeka guna meningkatkan partisipasi mahasiswa. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi terhadap kegiatan sosialisasi yang telah dilaksanakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi MBKM Official Untad mengacu pada teori Anwar Arifin yang mencakup empat komponen utama: (1) Mengenal khalayak, dengan menyasar seluruh mahasiswa aktif lintas semester dan program studi; (2) Menyusun pesan, yang dirancang secara sistematis dan berbasis SOP dengan pendekatan informatif, persuasif, dan inspiratif. Penyampaian pesan melibatkan narasumber kredibel seperti alumni MBKM, dosen, dan mitra industri; (3) Menetapkan metode, melalui kegiatan luring seperti Festival Kampus Merdeka, expo, dan workshop, serta kegiatan daring seperti webinar, live streaming, dan sharing sesion melalui Zoom; (4) Seleksi dan penggunaan media, dengan mengoptimalkan kanal digital seperti Instagram, WhatsApp Group, Zoom, dan YouTube sebagai media utama, serta didukung oleh media cetak seperti pamflet, spanduk, dan banner saat kegiatan berlangsung. Strategi komunikasi ini dinilai efektif dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap program. Dengan penerapan yang konsisten, strategi ini berpotensi memperluas jangkauan dan membangun antusiasme mahasiswa untuk berpartisipasi aktif dalam Program Kampus Merdeka. Kata kunci: Strategi Komunikasi, Sosialisasi, Kampus Merdeka

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up