Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulStrategi Komunikasi Majelis Itsnain Dalam Berdakwah Pada Kalangan Kaum Muda Di Kota Palu
Nama: MEISYA TRIANUR
Tahun: 2025
Abstrak
Meisya Trianur B 501 20 008 ”Strategi Komunikasi Majelis Itsnain dalam Berdakwah Pada Kalangan Kaum Muda di Kota Palu” Program Studi Ilmu Komunikasi Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako di bawah bimbingan Konsultan I Muhammad Khairil dan Konsultan II Andi Febri Herawati N. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi Majelis Itsnain dalam berdakwah pada kalangan Kaum muda di Kota Palu. Penelitian ini menggunakan konsep Strategi Komunikasi yang dikemukakan oleh Dr. Yusuf Zainal Abidin untuk menganalisis arah dari penelitian ini. Tipe Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan dasar penelitian yaitu penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara dengan narasumber yang ditemukan berdasarkan purposive sampling dan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Majelis Itsnain merupakan komunitas pecinta dzikir, sholawat sekaligus sebagai tempat pembelajaran agama yang memiliki tujuan utama adalah memberikan tempat bagi umat Islam untuk memperdalam keimanan, mendapatkan pencerahan spiritual, dan mempererat tali silaturahmi di antara jamaah di Kota Palu terlebih khusus anak muda. Dalam hal ini Majelis Itsnain memiliki strategi menarik minat kaum muda melalui Maulid yang merupakan perayaan kelahiran Nabi Muhammad SAW. dan Ghosidah adalah syair epik atau lagu yang berisi puji-pujian, doa, shalawat dan nasihat keagamaan, sehingga kaum muda tersebut dapat mengikuti dakwah dari Majelis Itsnain. Majelis Itsnain menggunakan dua metode penyampaian pesan yakni secara langsung maupun tidak langsung yakni tatap muka yang berlangsung di Masjid Nurul Khairaat Kota Palu dan di media sosial seperti Youtube, Facebook dan Instagram yang begitu masif dilakukan pada setiap hari senin pukul 18.00 secara Live Streaming sehingga mampu di tonton oleh 2.000-3.000 penonton di media sosial. Kemudian Majelis Itsnain pun selalu melakukan evaluasi secara rutin tiga bulan sekali untuk perbaikan dakwah sehingga dapat mewujudkan harapan dan tujuan dari Majelis Itsnain. Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Dakwah, Majelis Itsnain.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up