JudulPENGARUH PROMOSI PENJUALAN PADA INSTAGRAM PALU MAKEUP TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN |
Nama: RASNI YANTI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Rasni Yanti ( B 501 20 006) Program Studi Ilmu Komunikasi Konsentrasi Public Relations Universitas Tadulako. Skripsi Pengaruh Promosi Penjualan Pada Instagram Palu Makeup Terhadap Minat Beli Konsumen. Dibimbing Oleh Ilyas Sebagai Pembimbing I dan Dyah Fitria Kartika Sari Sebagai Pembibing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara promosi penjualan pada Instagram terhadap peningkatan minat beli konsumen Palu makeup dan untuk mengetahui indikator promosi penjualan yang memiliki pengaruh paling besar terhadap minat beli konsumen. Penelitian ini menggunakan tipe eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 75 responden atau followers Palu makeup dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner secara online. Untuk analisis data penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji F secara simultan diperoleh nilai F- hitung 17.952 > F tabel 2.35 dengan tingkat signifikansi 0.000, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho dalam penelitian ini diterima dan Ha ditolak atau seluruh variabel X (Frekuensi Promosi, Kualitas Promosi, Kuantitas Promosi, Waktu Promosi, dan Ketetapan Sasaran Promosi) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Y (minat beli konsumen). Dari hasil uji t secara parsial diperoleh Frekuensi Promosi dan Ketepatan Sasaran Promosi yang berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli konsumen, memiliki nilai t-hitung yang lebih besar dari t-tabel dengan nilai signifikansi 0.000. Dengan demikian nilai ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel Frekuensi Promosi dan Ketepatan Sasaran Promosi berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli konsumen. Nilai koefisien R sebesar 0.752 yang menurut kategori Guilford berarti terdapat pengaruh yang kuat antara promosi penjualan terhadap minat beli konsumen . |