JudulPengaruh Motif Penggunaan Aplikasi Ruangguru Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa SMA Madani Palu |
Nama: AFRIANTI RUKMANA SUNUH |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara motif penggunaan aplikasi Ruangguru terhadap peningkatan prestasi belajar siswa SMA Madani Palu. Penelitian ini menggunakan tipe eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 33 responden yang merupakan siswa SMA Madani Palu dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner secara online. Untuk analisis data penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji F secara simultan diperoleh nilai F hitung 34.856 > F tabel 2.71, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho dalam penelitian ini ditolak dan Ha diterima, artinya bahwa terdapat pengaruh antara motif penggunaan aaplikasi Ruangguru terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Dari hasil uji koefisien determinasi ditemukan bahwa terdapat pengaruh yang sangat kuat antara motif penggunaan aplikasi Ruangguru terhadap peningkatan prestasi belajar siswa sebesar 83.3%. |