JudulAnalisis Framing Citra Pasangan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar Dalam Pemberitaan Mediaindonesia.com Dan IDNTimes.com |
Nama: ADRIANSYAH |
Tahun: 2025 |
Abstrak Adriansyah B501 19 170. Program Studi Ilmu Komunikasi, Konsentrasi Jurnalistik. Skripsi “Analisis Framing Citra Pasangan Anies BaswedanMuhaimin Iskandar Dalam Pemberitaan Mediaindonesia.com dan IDNTimes.com” dibawah bimbingan Stepanus Bo’do selaku pembimbing I dan Muhammad Wahid selaku pembimbing II Dengan ditetapkannya pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar sebagai calon presiden-wakil presiden 2024-2029 oleh partai NasDem, PKB, dan PKS, membuat media massa yang ada di Indonesia beramai-ramai melakukan pemberitaan mengenai kehidupan pribadi, politik, maupun kegiatan seorang Anies Baswedan dan Cak Imin. Dari banyaknya media massa di Indonesia, beberapa media yang turut memberitakan mengenai pasangan capres dan cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yaitu media online Mediaindonesia.com, yang secara elemen ekonomi dan politik dekat dengan partai NasDem karena kepemilikan Surya Paloh yang merupakan Ketua dari partai NasDem. Dan juga media online IDNTimes.com yang secara elemen politik tidak berafiliasi dengan partai politik manapun. Dari masalah tersebut peneliti melakukan penelitian pada Mediaindonesia.com dan IDNTimes.com untuk melihat perbedaan pembingkaian berita mengenai citra dari pasangan bakal calon presiden 2024 nomor urut satu, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Dalam Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis framing Robert M.Entman. Penelitian ini mengambil data yang bersumber dari lima berita pada portal Mediaindonesia.com dan lima berita pada IDNTimes.com yang dipublish setelah debat capres 1 sampai dengan setelah debat cawapres 2, yaitu pada 12 Desember 2023 sampai dengan 22 Januari 2024. Berdasarkan hasil analisis pada sepuluh berita yang ada pada portal Mediaindonesia.com dan IDNTimes.com, peneliti menemukan adanya perbedaan dari kedua media tersebut dalam memberitakan mengenai sosok capres 2024 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Pada mediaindonesia.com Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memiliki citra yang sangat positif dari setiap pemberitaan yang ada, karena memberikan pembenaran mengenai setiap kebijakan dan perkataan dari Anies Baswedan dan juga Cak Imin. Sedangkan IDNTimes lebih terkesan netral dalam melakukan pemberitaannya, ada berita yang memberikan citra positif dan ada juga berita yang cenderung memberikan citra negatif, peneliti juga menemukan bahwa citra Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar akan negatif apabila dalam pemberitaan tersebut turut membahas nama cawapres nomor urut dua yaitu Gibran Rakabuming. Kata Kunci: Analisis Framing, Pilpres 2024, Media Online, Anies Baswedan |