Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulREPRESENTASI SENSUALITAS PEREMPUAN DALAM IKLAN SHOPEE 11.11 BIG SALE 2020 VERSI TUKUL ARWANA DI YOUTUB
Nama: MOH FAUZAN
Tahun: 2023
Abstrak
Moh Fauzan, B50119105 “Representasi sensualitas Perempuan dalam iklan Shopee 11.11 Big Sale versi Tukul Arwana di Youtube” Program Studi Ilmu Komunikasi Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako dibawah bimbingan Stepanus Bo’do Pempimbing I dan Citra Antasari Pembimbing II. Iklan Shopee 11:11 Big Sale berisikan materi promosi di sebuah marketplace Shopee yang diselenggarakan pada tanggal 11 November 2020. Penelitian ini menggali tanda-tanda yang merepresentasikan sensualitas dalam iklan Shopee 11.11 Big Sale versi Tukul Arwana di Youtube yang menggunakan perempuan sebagai objek iklannya dengan tarian erotis serta backsound sebagai daya tarik dan yang menimbulkan kontroversi di masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan melakukan pengamatan secara menyeluruh serta mengidentifikasi visual gambar dari adegan dalam iklan Shopee 11:11 Big Sale yang terkait dengan sensualitas. Adapun data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis semiotika oleh Roland Barthes. Dalam penelitian ini semiotika dilakukan dengan mengkaji simbol-simbol yang terdapat dalam iklan Shopee 11:11 Big Sale, yang terdiri dari denotasi, konotasi, dan mitos. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa iklan Shopee 11:11 Big Sale menjual daya tarik sensualitas perempuan untuk menarik perhatian audience. Daya tarik sensualitas perempuan direpresentasikan melalui perempuan dengan rambut panjang berkulit putih menggunakan pakaian ketat, terbuka, dan minim. Penari tersebut bergoyang erotis serta memiliki pinggang yang ramping, sebagai objek penarik perhatian atau pemanis dalam iklan Shopee 11.11 Big Sale terdapat mitos-mitos seperti perempuan mampu menarik perhatian dengan berpenampilan seksi, ekspresi wajah sensual, dan gestur tubuh yang erotis. Kata kunci: Semiotika, Sensualitas, Representasi, Iklan, Shopee.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up