JudulMANAJEMEN KOMUNIKASI PROGRAM DALAM LAYANAN EAZY PASPOR DI KANTOR IMIGRASI KELAS I TPI PALU |
Nama: APRILIA PUTRI FAHIRA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Manajemen Komunikasi Program dalam Layanan Eazy Paspor di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palu. Tipe penelitian ini deskriptif kualitatif dengan studi kasus sebagai dasar penelitiannya. Melalui teknik purposive sampling sebagai teknik penarikan informan, maka terpilih empat informan, yakni Ketua seksi Lalu Lintas Keimigrasian, dua anggota Lalu Lintas Keimigrasian, dan pemohon yang ikut serta dalam Layanan Eazy Paspor dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan program Layanan Eazy Paspor merupakan program unggulan Kantor Imigrasi kelas I TPI Palu. Cakupan wilayah Kantor Imigrasi kelas I TPI Palu pada program ini meliputi 6 kabupaten dan 1 kota dengan menerapkan empat tahapan proses manajemen komunikasi yaitu tahap satu mendefinisikan masalah dengan melakukan analisis kebutuhan berupa seorang koordinator untuk membantu proses persiapan Layanan Eazy Paspor, tahap dua membuat perencanaan dengan merancang sebuah pelayanan yang mudah, efisien, dan memenuhi kebutuhan pemohon berupa pemetaan rangakaian proses pelaksanaan program, tahap tiga bertindak dan berkomunikasi berupa proses pelaksanaan layanan dengan mengunjungi wilayah dan memberikan pelayanan terkait dengan pembuatan dan penggantian paspor dengan prosedur yang telah ditentukan. Tahap terakhir yaitu tahap evaluasi yang merupakan tahap penilaian sejauh mana program mencapai tujuan berupa pembuatan laporan kerja yang merupakan proses pertanggungjawaban dalam pelaksanaan Layanan Eazy Paspor. Kata Kunci : Manajemen Komunikasi, Pelayanan, Eazy Paspor |