Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPraktik Newsgame Di Media Online Tempo.co
Nama: GREFI MARCHELLA NUGRAHENY
Tahun: 2023
Abstrak
Riset tentang newsgame di Tempo.co menyoroti perlunya sumber daya manusia yang kompeten di bidang komputasi bagi perusahaan media massa agar tetap relevan di lanskap teknologi saat ini. Tempo.co telah memproduksi format interaktif, termasuk newsgame, sejak 2016. Keberhasilan inovasi ini bergantung pada individu terampil yang dapat mengimplementasikannya, didukung oleh budaya komputasi yang mendorong penyelesaian masalah secara logis. Penelitian ini menggunakan teori newsgame oleh Ian Bogost (2012) yaitu budaya komputasi di ruang redaksi, produksi cerita dalam berita, spesialisasi format permainan, meningkatkan performa dan membuat sesuatu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, khususnya action research. Empat subjek dipilih dengan menggunakan purposive sampling, dengan fokus pada praktik newsgame di media online Tempo.co. Temuan menunjukkan bahwa newsgames di Tempo.co memprioritaskan berita daripada game, dengan naskah berita yang disesuaikan berdasarkan konsep jurnalisme baru. Pemilihan tema berita bertujuan untuk memberikan pengalaman imersif kepada pembaca yang membuat mereka merasa terlibat langsung dalam berita, menambah nilai di luar artikel konvensional, menarik perhatian publik, mengintegrasikan algoritma game, dan membutuhkan format newsgame. Dibutuhkan keahlian pemrograman dalam bahasa seperti JavaScript, Python, dan CSS. Produk newsgame yang sudah teruji diunggah ke server interaktif Tempo.co untuk dipublikasikan, dilanjutkan dengan evaluasi kinerja tim redaksi.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up