Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulStrategi Lobi Dan Negosiasi PT. Telkom Witel Sulteng Dalam Mempertahankan Pelanggan IndiHome Di Kota Palu
Nama: NADILA
Tahun: 2024
Abstrak
Nadila, B 501 19 084 “Startegi Lobi dan Negosiasi PT. Telkom Witel Sulteng dalam mempertahankan Pelanggan IndiHome di Kota Palu” Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako, di bawah bimbingan Andi Febri Herawati selaku pembimbing I dan Roman Reski Utama selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi lobi yang dilakukan PT. Telkom Witel Sulteng serta mengetahui strategi negosiasi yang dilakukan PT. Telkom Witel Sulteng dalam mempertahankan Pelanggan IndiHome di Kota Palu. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dasar penelitian ini menggunakan studi kasus, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara terhadap tujuh (7) informan yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data model analisis interaktif Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi lobi yang digunakan oleh PT. Telkom Witel Sulteng dalam mempertahankan pelanggan IndiHome di Kota Palu yaitu menggunakan strategi lobi melalui beberapa tahapan lobi dengan menggunakan strategi lobi yaitu (1) urutan prioritas, pihak yang melobi adalah CTB (Caring territory Based) dan Admin caring, pihak yang dilobi adalah pelanggan IndiHome yang mempunyai tunggakan IndiHome dan pelanggan yang ingin berhenti berlanggan situasi yang dilakukan dengan cara santai, waktu dan tempat menyesuaikan dengan pelanggan serta isi pesan yang disampaikan berdasarkan fakta dan data yang ada. (2) menyiapkan argumen, CTB (Caring territory Based) dan admin caring meyakinkan pelanggan melalui pendekatan dengan mencari tahu apa keinginan pelanggan. (3) merumuskan ide dan usulan, PT.Telkom Witel Sulteng menawarkan solusi kepada pelanggan. Adapun hasil strategi negosiasi yang diperoleh ialah win-win solution, PT. Telkom Witel Sulteng melakukan negosiasi dengan pelanggan untuk memperoleh hasil saling menguntungkan kedua belah pihak. Kata kunci : Strategi, Lobi, Negosiasi, IndiHome.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up