JudulPengelolaan Media Sosial Pejabat Pengelola Informasi Dan Dokumentasi (PPID) Dalam Pelayanan Informasi Publik Pada Dinas Cipta Karya Dan Sumber Daya Air Di Provinsi Sulawesi Tengah |
Nama: MOH.AZRIL |
Tahun: 2024 |
Abstrak Moh. Azril, B 501 19 067 “pengelolaan media sosial pejabat pengelola informasi dan dokumentasi (PPID) Dalam Pelayanan Informasi Publik Pada Dinas Cipta Karya Dan Sumber Daya Air di Provinsi Sulawesi Tengah ” Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako dibawah bimbingan Muhammad Isa Yusaputra selaku pembimbing I dan Rizqy Alfiyaty selaku Pembimbing II Penelitian ini bertujuan mengetahui pengelolaan media sosial pada PPID Dinas CIKASDA Provinsi Sulteng. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan dasar penelitian studi kasus. Dengan menggunakan teori pengelolaan Media sosial. Teknik pengumpulan data yakni observasi dan wawancara mendalam terhadap kelima informan yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Teknik analisis data meliputi; reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengelolaan media sosial melalui Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) memiliki empat proses pengelolaan yang digunakan antara lain; perencanaan, aktivasi, pengawasan dan optimalisasi. Proses pengelolaan media sosial membantu dalam mencapai tujuan untuk memberikan informasi melalui media sosial; Facebook, Instagram, YouTube, dan Website. Dalam proses pengelolaan media sosial mengalami hambatan berupa hambatan teknis akibat tidak adanya perencanaan dalam mengelola Media sosial sehingga penugasan kerja pegawai tidak jelas,pegawai tidak bekerja sesuai jobdesk masing-masing. Hambatan semantik yang menyebabkan adanya hambatan tersebut seperti penggunaan bahasa/istilah yang salah. Kemudian juga bisa terjadi akibat adanya kendala dalam memahami atau memaknai pesan. Hambatan manusiawi terjadi akibat beberapa hal yakni adanya perbedaan induvidu manusia, perbedaan persepsi, perbedaan umur, perbedaan keadaan emosi, keterampilan, perbedaan status, pencairan informasi, dan penyaringan informasi. Semua hambatan diatas berdampak pada kinerja PPID Dinas CIKASDA. Kata kunci : Pengelolaan, Media sosial, Pelayanan Informasi Publik, PPID, Dinas Cipta Karya dan Sumber Daya Air (CIKASDA). |