Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulFenomena Kecanduan Game Higgs Domino Pada Remaja(Studi Fenomenologi Remaja Di Desa Soni Kecamatan Dampal Selatan)
Nama: SITI PATIMAH
Tahun: 2023
Abstrak
ABSTRAK Siti Patimah Stambuk B501 19 046 Fenomena Kecanduan Game Higgs Domino Pada Remaja (Studi Fenomenologi Remaja Di Desa Soni Kecamatan Dampal Selatan) Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Konsentrasi Broadcasting Universitas Tadulako di bawah bimbingan Oleh Ilyas sebagai konsultan 1 (Satu), dan Dwi Rohma Wulandari sebagai konsultan II (Dua). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fenomena kecanduan game higgs domino pada remaja Di Desa Soni Kecamatan Dampal Selatan. menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi Alfred Shutz. Subjek penelitian terdiri dari tiga (3) orang remaja di Desa Soni Kecamatan Dampal Selatan yang dipilih menggunakan Teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yakni reduksi data, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pertama, motif remaja dalam bermain game Higgs Domino di Desa Soni Dampal Selatan terdiri dari motif karena (because of motive) yakni hobi, rasa penasaran, percaya diri dan lingkungan pertemanan. Sedangkan motif untuk (in order to motive) yakni hiburan, uang dan rasa senang. kecanduan yang ditimbulkan dari bermain game higgs domino yaitu terjadi karena pengalaman komunikasi yakni pengalaman komunikasi interpersonal informan baik masa lalu yang mana sebelumnya informan memang pemain game online, masa kini yang mana informan saat ini masih memainkan game higgs domino dan masa yang akan datang yaitu informan ingin selalu memainkan game higgs domino untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar lagi. Pengalaman komunikasi dikategorikan menjadi dua yakni pengalaman komunikasi menyenangkan berupa adanya penerimaan dari keluarga, lingkungan sosial dan antara sesama pemain serta pengalaman komunikasi tidak menyenangkan berupa adanya cacian, tekanan dan perselisihan antara sesama pemain. Para informan merasakan kesadaran diri karena telah kecanduan game Higgs Domino dan penyesalan diri karena telah banyak dirugikan berupa uang, waktu dan kesehatan. Kata Kunci: Fenomenologi Kecanduan game, Higgs Domino, Remaja

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up