Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMANAJEMEN KOMUNIKASI DINAS KOPERASI, UKM, PERDAGANGAN DAN PERINDUSTRIAN DALAM PELAKSANAAN PUSAT JAJANAN OLEH-OLEH MANDAR DI KAB. MAJENE
Nama: RONNI BOY ROXAS
Tahun: 2025
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Manajemen Komunikasi Program Pelaksanaan Pusat Jajanan Oleh-Oleh Mandar Di Kab. Majene. Tipe penelitian ini deskriptif kualitatif dengan studi kasus sebagai dasar penelitiannya. Melalui teknik purposive sampling sebagai teknik penarikan informan, maka terpililah empat informan dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan program Pusat Jajanan Oleh-Oleh Mandar Di Kab. Majene merupakan salah satu program unggulan dari Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan Dan Perindustrian Kab. Majene. Dan menerapkan empat tahapan proses manajemen komunikasi yaitu tahap satu mendefenisikan masalah dangan melakukan analisis kebutuhan UMKM dan Konsumen, tahap dua membuat perencanaan dengan merancang sebuah program yang akan dilakukan kedepannya, dan memenuhi kebutuhan pelaku UMKM dan Konsumen merupakan rangkaian proses pelaksanaan program, tahap tiga bertindak dan berkomunikasi berupa proses pelaksanaan pusat oleh-oleh dengan melakukan pelatihan, sosialisasi dan juga monitoring terhadap para pelaku UMKM.Tahap terakhir yaitu tahap evaluasi yang merupakan tahap penilaian sejauh mana program mencapai tujuan berupa pembuatan laporan kerja yang merupakan proses pertanggung jawaban dalam pelaksanaan Pusat Oleh-Oleh Mandar Di Kab. Majene.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up