JudulStrategi Komunikasi Event Organizer Baruga Dalam Penyelenggaraan Event Festival Danau Poso 2022 |
Nama: MOHAMMAD SHADIQ |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini melihat secara mendalam terkait strategi komunikasi yang dilakukan oleh Event Organizer (EO) Baruga sebagai pihak penyedia jasa profesional dalam penyelenggaraan event Festival Danau Poso 2022. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara mendalam. Informan dalam penelitian ini berjumlah lima orang yang dipilih melalui purposive sampling. Adapun teknik analisis data pada penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Strategi yang dilakukan oleh EO Baruga sebagai penyedia jasa profesional pada penyelenggaraan event Festival Danau Poso 2022 ditemukan bahwa dalam melakukan strategi komunikasi pihak EO Baruga berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tengah sebagai pihak penyelenggara yang berperan sebagai komunikator utama dalam mengkomunikasikan penyelenggaraan FDP 2022. Selanjutnya, EO Baruga dan pihak penyelenggara juga memanfaatkan peran public figure seperti artis dan rapper Saykoji, Inggid Wakano dan Etgard Kalengke dari grup musik Ana Timur untuk publikasi Festival Danau Poso 2022 pada penyelenggaraan Festival Indonesia di Philladelphia, Amerika Serikat serta menyanyikan official theme song Festival Danau Poso 2022 berjudul Seselero, Jessy S. Wongsodiharjo yang merupakan Miss Tourism International 2021/2022 dan 12 orang influencer di antaranya Lucky Tembang, Adint MS, Rinaldy Meluwu, Ayu Anggrainy, Titania Licya, Monica Jauwry, Kirey, Cika Meluwu, Rinda Arifdayanti, Oki DM, Ongga Poso dan Bale Poso yang berasal dari Kabupaten Poso dan Kota Palu dalam melakukan publikasi event Festival Danau Poso 2022. Selanjutnya, media publikasi yang digunakan di antaranya media sosial (instagram, facebook dan youtube) baik media sosial resmi Festival Danau Poso 2022 maupun media sosial milik media lokal seperti @soalpalu dan @tanahposo, media massa elektronik televisi dan radio (live streaming kominfo, TVRI, Kompas Tv, RRI, Insania FM) dan media luar ruang (reklame dan spanduk) yang disebar di beberapa kabupaten/kota yang ada di Sulawesi Tengah. Public figure dan media publikasi dimanfaatkan untuk menarik perhatian khalayak untuk hadir pada penyelenggaraan event Festival Danau Poso 2022. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Event Organizer, Festival Danau Poso 2022 iv |