Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulSTRATEGI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT SOCIAL MEDIA AGENCY DALAM MEMBANGUN LOYALITAS PELANGGAN (Studi Pada Soal Kreatif Palu)
Nama: AURELYA YUFAD PUTRIE
Tahun: 2025
Abstrak
Aurelya Yufad Putrie, B50119013 “Strategi Customer Relationship Management Social Media Agency Dalam Membangun Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada Soal Kreatif Palu)”, Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako, di bawah bimbingan Rizqy Alfiyaty dan Citra Antasari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Customer Relationship Management Soal Kreatif sebagai Social Media Agency di Kota Palu dalam membangun loyalitas pelanggan Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan studi kasus sebagai dasar penelitiannya dan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam terhadap lima informan yang dipilih dengan menggunakan purposive sampling dan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Soal Kreatif menjalankan strategi melalui enam tahapan, yaitu riset awal, pertemuan dengan klien, rapat internal tim, rapat tim bersama klien, produksi konten, dan evaluasi bulanan. Pada tahap riset awal, analisis akun media sosial klien dilakukan untuk memahami kebutuhan media sosial klien dengan mengobservasi melalui data analitik sosial media klien. Informasi tambahan diperoleh melalui tahap kedua yaitu, pertemuan dengan klien untuk mendiskusikan kebutuhan layanan dan penyesuaian paket. Data yang terkumpul dibahas dalam rapat internal untuk menyusun content plan, menentukan jenis konten, dan menetapkan tim penanggung jawab (PIC). Hasil dari rapat internal kemudian dikomunikasikan kembali dalam rapat tim bersama klien untuk persetujuan akhir. Setelah itu, tahap produksi konten dilakukan sesuai content plan yang telah disetujui. Evaluasi bulanan menjadi tahapan terakhir, di mana klien dapat menilai kinerja media sosial serta efektivitas layanan yang diberikan. Evaluasi ini juga digunakan untuk mengidentifikasi perbaikan strategi yang diperlukan guna meningkatkan pengelolaan media sosial. Dengan pendekatan ini, Soal Kreatif memastikan bahwa setiap langkah yang diambil sesuai dengan kebutuhan klien dan mendukung terciptanya loyalitas pelanggan.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up